Skip to main content

TIPS MEMBELI INDUKAN CACING LUMBRICUS

cara memilih indukan cacing lumbricus-Indukan datang lumbricus bisa diperoleh di jaringan yang membudidayakan cacing ini atau pada perorangan yang memelihara cacing ini. Saat ini banyak yang membudidayakan dengan tujuan rata-rata sebagai indukan yang dijual kembali dan Hanya beberapa saja yang telah mengolahnya menjadi tepung cacing atau sebagai obat atau kapsul atau sebagai produk yang lainnya seperti kopi cacing.

pesanlah pada pihak yang telah terbiasa mengirim caciing agar aman dalam perjalanan karena kondisinya pastilah baik dan benar benar indukan yang telah siap bertelur.  Bagi sebagian pembudidaya hal ini tidaklah masalah karena isi dalam tiap kg nya jauh lebih banyak jika dicampur dengan remaja atau bahkan dengan anakan asal indukannya tetap disertakan. Jadi Sebaiknya membeli indukan bersama dengan anaknya.

*sumber : kabartani.com

Ciri-ciri indukan cacing yang baik adalah tidak mempunyai cacat luka akibat proses panen dan lainnya lendir mengkilap pertanda cacing tidak bau dan tidak lengket dengan cacing yang lain ada gelang warna kuning agak putih di lehernya dan lebih menonjol atau tebal.

usahakan induk tidak terlalu tua atau afkir. Setelah indukan sampai dan kita terima maka segera bawa pulang untuk ditempatkan ke kolam yang sudah kita siapkan agar cacing tidak stres dan terjadi kematian induk. Untuk banyaknya cacing per m2 nya membutuhkan 1 kg induk cacing dan maksimal adalah 3 kg Jika memang lahannya sempit.

apabila semuanya mau masuk ke dalam media maka berarti media tersebut telah sesuai dengan kondisi yang dikehendaki oleh cacing dan berarti indukan itu juga dalam kondisi sehat. Apabila cacing tidak mau masuk ke dalam media berarti ada sesuatu yang tidak ada yang tidak beres di dalamnya bisa jadi media terlalu panas atau media terasa kasar bagi kulit cacing dan masih mengandung amonia atau pembusukan proses fermentasi yang belum sempurna. Atau karena dalam media telah dipakai bersarang sebagai rumah-rumah semut merah atau bisa juga karena kualitas indukan cacing kurang bagus. atau akibat  panen yang tidak benar atau cacing sedang mengalami stress karena perjalanan yang sangat jauh.

Besok harinya barulah cacing kita kasih pakan menggunakan pakan yang berupa cairan yang sudah difermentasi agar staminanya Segara pulih karena jika tidak diberi makan media dalam wadah kolam akan habis dimakan. sedangkan pada media tujuannya hanya untuk sebagai tempat tinggal cacing..

Tidak semua indukan saja yang kita beli mau masuk ke dalam media jika ada saja yang tidak masuk ke dalam media maka segera ambil dan pisahkan dengan yang lainnya dan kemudian lihat perkembangannya jika kondisinya boleh maka bisa dikembalikan ke wadah budidaya atau kolam budidaya.

Sekian semoga bermanfaat

baca juga tips memilih bibit belut untuk dibudidayakan