Skip to main content

TABEL BAHAN PAKAN TERNAK KELINCI LENGKAP UNTUK DI INDONESIA

FazairaBlog-kebetulan dulu waktu saya baru pertama kali mendesign file untuk menformulasikan ransum untuk bahan pakan kelinci, saya menemukan file pdf yang berisi kandungan bahan pakan ternak dari seluruh indonesia, untuk kandungannya sesuai dengan formulasi pakan kelinci maka kita hanya mengambil saja untuk kandungan
  1. protein
  2. lemak
  3. serat
  4. kalori
*software untuk formulasi pelet kelinci

kenapa hanya mengambil 4 bagian itu saja karena dari 4 kandungan itu saja kita sudah mampu mencetak dan mengotak atik ransum pakan kelinci sesai keinginan kita, untuk kandungan yang lainnya seperti vitamin, minerla seperti kalsium,fosfor dan yang lainnya sifatnya tidak perlu diformulasikan.

data yang didapat emang sudah lama skitar tahun 80an dan ada sekitar 153 halaman akan tetapi data pada file ini sudah sangat bagus sekali untuk memulai formuasi pelet. jikalau ingin memilih data yang lebih akurat maka silahkan di ujilab untuk tiap-tiap bahan yang akan kita formulasikan. akan tetapi dari pengalaman data difile ini sudah sangat lengkap dan ketika saya ujilabkan hasil peletnya, hasilnya hampir sama selisih hanya sekitar 0,3 % saja.
baca juga limbah kulit kacang sebagai bahan baku pelet
oke selamat berkreasi untuk menciptakan pelet kelinci yang berkualitas.