Skip to main content

CARA MEMILIH ANAKAN KUCING YANG SEHAT UNTUK DIPELIHARA

tips membeli kucing untuk pemula-bagaimana sih carta kita memilih anakan kucing yang ingin kita pelihara dalam kondisi yang sehat tanpa perlu bertanya kepada dokter hewan..dan yang perlu kita waspadai bahwa tidak semua anakan kucing yang kita bawa itu kondisinya sehat seperti kucing dewasa. krena banyak sekali yang mempengaruhi anakan kucing sehat atau tidak mulai dari lingkungannya, makanan yang dimakan dan juga perawatannya. tapi tips berikut ini mungkin akan membantu kita dalam menemukan anakan kucing yang sehat jika kita memutuskan untuk memelihara kucing .

tips membeli kucing

periksa semua penampilan kucing . jadi jika kita ingin melihat apakah kucing itu sehat atau tidak maka yang harus kita perhatikan pertama kali adalah lihat kondisi fisik dan tampilanya, periksa bagian kepalanya lihat bagian mata, telinga, hidung dan mulutnya apakah ada cacat atau kondisi tidak normal. kemudian lihat keseluruhan tubuh kucing dengan menyentuhnya dengan tangan , periksa apakah badan kucing ada kelainan.

*sumber : pixabay.com

mata kucing harus terlihat bersih dan jernih, mata harus cerah dan bebas kotoran, jangan pilih anakan kuciny yang belekan, mungkin itu salah satu tanda kucing terkena infeksi atau cidera mata,

telingga kucing harus bebas dari kotoran, jadi periksa kedalam telinga anakan kucing . jangan sampai telinga kucing terjangkiti oleh tungau, jika menemukan itu maka segera laporkan kepada peternaknya supaya segera diobati dan jangan pilih anakan kucing yang terkena infeksi tungau.

mulut kucing tidak boleh berbau, gusi cerah berwarna merah muda, dan gigi anakan kucing harus bersih bebas karang gigi.

hidung kucing harus bersih tidak ada kotoran, pada bagian depan hidung kucing tidak boleh ada luga yang mengindikasikan terkena infeksi kulit. juga pastikan hidung kucing tidak dalam keadaan basah karena inggus kucing , jika basang maka dipastikan kucing dalam keadaan sakit, berbeda lagi jika basahnya karena habis minum air.

area badan kucing harus memiliki bulu yang bagus dan bersih hindari kulit yang kemerahan,

nah kemudian lihat kaki kucing , posisnya harus dalam keadaan lurus, dan berjalan dalam kondisi normal.


perilaku kucing jika pada usia anakan adalah jinak, dan tidak agresif, jika memilih kucing yang kasar dan agresif maka nantinya akan memerlukan waktu yang lebih untuk menjinakannya.


konsultasilah dengan peternakan yang membudidayakannya.

tanyakan kepada peternaknnya apakah kucingnya sudah diberikan vaksinasi, dan pada usia bera kucing bisa kita bawa menuju rumah baru mereka.

nah kemudian tanya algi bagaimana anakan kucing diberi makan, anakan kucing harus makan makanan padat ketika usia anakan/, ketika sudah pada masa setelah sapih dari indukannya. nah jangan menganti makanan kucing secara mendadak jadi sebaiknya bawa makanan yang ada dipeternak sebagian kecil saja lalu kita latih makanan yang ada di rumah barunya sedikit demi sedikit secara bertahap.

nah tanyakan kepada peternak kucing apakah anakan kucing sudah dilatih untuk membuang kotorannya ditempat yang sudah ditentukan, jangan sampai kita memeihara kucing jorok yang buang kotoran di sembarangan tempat.

dan jangan buru buru mengambil anakan kucing . santai saja sampai melengkapi perlengkapan kucing yang belum ada dirumah. jangan khawtir jika kucing yang akan kita beli diambil orang dualuan,,

oh iya janagan mengambil kucing dipeternakan kucing yang tidak memperlakukannya dengan kasih sayang dan hanya atas dasar uang saja, carilah peternak kucing yang memlihara kucing dengan penuh kasih sayang dan cinta.

demikian semoga bermanfaat bagi semuanya

baca juga bolehkah kucing peliharaan makan tikus