Skip to main content

CARA HENTIKAN KEMANJAAN ANAK

FazairaBlog-Anak yang manja sering kali di anggap sebagai suatu permasalahan untuk sebagian orang. Asal mula terbentuknya kebiasaan yang manja karena pola asuh dari orang tua terhadap anak itu sendiri yang terlalu memanjakan serta menuruti apapun yang mereka inginkan. Walaupun memang semua orang tua menginginkan sesuatu hal yang terbaik untuk anak mereka, namun tidak lantas dengan menuruti apapun yang mereka mau pada saat itu juga. Terkadang memberikan pengertian terhadap anak tentang cara menghargai apapun yang dia miliki memang perlu. Biasanya sifat manja anak timbul saat ia merasa berada di dekat bunda atau ayah mereka. Sering kali anak akan berubah sifat hampir 160 derajat saat sedang bersama kedua orang tuanya. Apalagi untuk anak yang memiliki kedua orang tua sibuk dengan bekerja dan jarang sekali bisa menghabiskan waktu bersama. Kemungkinan anak yang bertingkah manja seperti merengek, memukul dan sesaat menjerit itu hanya bagian dari rasa ingin di perhatikan oleh kedua orang tuanya. Memiliki sifat manja memang tidak bisa jika harus di hilangkan sepenuhnya. Apalagi jika anak memiliki sifat yang demikian dan orang tua justru mengabaikan, hal ini bisa jadi akan membuat suatu kerugian bagi anak tersebut apabila sudah beranjak dewasa.

*sumber : pixabay.com

Namun sebagai orang tua yang mungkin sudah di buat pusing dengan sifat manja anak yang berlebihan, tetap harus memperhatikan cara serta langkah-langkah yang benar untuk mendidik anak agar tidak manja yang berlebihan. Hal ini tidak lantas anda harus menasihati anak anda dengan cara yang seketika keras dan meninggikan suara anda. Bisa jadi kalau anak anda tidak terbiasa dengan hal tersebut justru akan merasa tertekan dan malah akan menimbulkan banyak resiko lain seperti menjadi anak yang tidak perduli atau menjadi anak yang suka membantah. Jangan sampai niat kita untuk mendidik anak supaya tidak manja justru malah bisa merubah perilaku anak terhadap sosialnya ya bunda. Jadi tetap harus mengetahui langkah-langkah yang tepat seperti halnya:

Di ibaratkan menanam sebuah pohon, untuk membesarkan seorang anak pun juga sama seperti halnya tersebut. Selalu ada proses dan progres saat anda mendidik anak. Begitu banyak jerih payah yang mungkin anda rasakan saat menghadapi anak yang menangis sepanjang hari dan merengek karena hal yang tidak jelas. Maka dengan hal ini anda bisa mulai membiasakan untuk tidak menuruti ambisi anak anda saat merengek jika tidak ingin melihat anak anda akan semakin manja.

Mulailah untuk memberikan penjelasan kepada anak anda. Ketika anak mulai merengek karena menginginkan sesuatu, jangan lantas langsung di turuti, karena hal seperti ini justru akan memancing kebiasaan buruk anak. Apabila mereka mulai merengek, rewel dan menangis karena menginginkan sesuatu, berikan lah mereka alasan mengapa mereka tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan saat itu juga. Berikanlah alasan-alasan sederhana agar mereka mudah untuk memahaminya. Salah satu contohnya dengan memberikan mereka satu syarat untuk bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Memang hal ini akan membuat kebanyakan anak merasa kecewa, sedih, marah dan bahkan menangis lebih kencang. Namun itu akan jauh lebih baik daripada mereka harus memiliki sikap manja sampai mereka dewasa.

Berikan mereka sebuah apresiasi dan pujian. Saat mereka sudah anda berikan satu syarat untuk di penuhi agar mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan pada akhirnya mereka mau melakukan dan berhasil melakukan maka barulah anda bisa berikan apresiasi kepada anak anda. Dan beri mereka sebuah pujian dan penjelasan yang akan bisa membuat mereka semakin tahu bahwa untuk mendapat sesuatu  yang mereka inginkan maka dia perlu melakukan kewajiban yang harus mereka penuhi sebelumnya. Jadi mereka bisa mengerti bahwa tidak dengan serta merta mereka bisa mendapatkan apapun yang mereka inginkan.

Untuk cara terakhir adalah dengan menjadi orang tua yang konsisten. Faktor terbesar munculnya sifat manja pada anak adalah karena tidak konsistennya ucapan maupun sikap dari orang tua sendiri kepada anak. Apabila dari awal anda sudah mengatakan dengan tegas kata “Tidak” kepada anak, maka  teruslah untuk tegas kepada mereka. Jangan pernah merubah perkataan maupun sikap dengan drastis saat anda mulai merasa tidak tega dengan anak. Maka bisa jadi usaha anda untuk mendidik anak anda agar tidak menjadi seorang anak yang manja justru akan terancam sia-sia.

Berikut di atas tadi adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai orang tua terhadap anak untuk mendidik agar anak tidak lantas tumbuh menjadi seorang anak yang manja. Namun bagaimana jika anak anda yang sudah terlanjur manja? Apakah akan di lakukan penangan yang sama atau bahkan berbeda? Nah kali ini akan kami jelaskan juga bagaimana cara untuk atasi atau penanganan anak jika mereka sudah terlanjur menjadi anak manja.

Peran terpenting untuk tangani anak yang sudah terlanjur manja adalah dengan memperbaiki cara komunikasi anda sebagai orang tua kepada anak. Sampaikan apa yang sebenarnya menjadi harapan anda untuk anak anda dengan kalimat sederhana dan terkonsep agar mereka dengan mudah untuk memahami maksut anda. Seperti contoh sampaikan bahwa mereka sekarang sudah besar dan sudah bukan waktunya untuk menjadi anak manja.

Biasakan anak untuk melakukan berbagai hal secara mandiri. Tanamkan rasa percaya anda kepada anak anda agar mereka bisa menjadi anak yang tidak manja seperti apa yang anda inginkan. Berikanlah anak anda sebuah kepercayaan untuk melakukan berbagai hal sendiri seperti saat waktu makan, memakai baju dan membereskan mainan. Jangan terlalu melayani anak apabila anda sudah merasa bahwa anak anda sudah masuk ke dalam kriteria anak manja.

Terakhir, berikanlah ruang kepada anak anda untuk bersosialisasi. Bebaskan anak anda dalam bersosialisasi, cukup pantau dan batasi dengan cara yang tepat. Karena dengan semakin banyak seorang anak melakukan sosialisasi dan interaksi dengan orang lain, maka secara tidak langsung anda sudah melatih anak untuk lebih berani saat berkomunikasi dengan orang lain seperti sesama teman, guru atau dengan anda sendiri. Biasanya, anak yang sudah terbiasa dengan interaksi akan sangat minim kemungkinan untuk menjadi seorang anak yang manja. Semoga bermanfaat~

baca juga manfaat kesehatan mengkonsumsi semangka