Skip to main content

BUDIDAYA IKAN NILA DI KOLAM TERPAL EMANG BISA

FazairaBlog-budidaya ikan nila di kolam terpal itu bakan sesuatu hal yang baru, memang sih kebanyakan yang pakai kolam terpal itu pembudidaya lele, akan tetapi ikan nila juga bisa kok dibudidayakan di kolam terpa. ikan nila kana sama dengan ikan lele juga sama 2 bisa hidup dikloam air tawar. cuma bedanya ikan lele bisa, ,hidup pada lingkungan yang extrime sedangakan ikan nila harus kolam yang jernik dan sudah ada ekosistem didalamnya.

dengan kolam terpal maka kita tidak harus memakai modal yang sangat besar seperti saat kita ingin membangun kolam beton.


nah berikut ini tips dan langkah apa saja yang kita lakukan untuk membuat kolam terpal untuk ikan nila.



*sumber : pixabay.com

proses pembuatan kolam 

yang pertama galilah tanah atau paling tidak kita bentuk dasar tanah agam miring supaya pada saat pengurasan air kolam, airnya bisa sampai habis.
jika sudah maka buatlah dinding kolam dengan mengunakan kayu atau asbes, kalo pakai asbes, kolam akan terlihat lebih rapih dan enak dipandang mata, juga akan membuat terpal lebih awet. tapi jikalau memakai kayu atau banbu juga tidak ada masalah.


Penebaran benih ikan nila ke kolam

Harus diingat pilihlahbbenih ikan yang sehat dan gesit bisa pakai yang ukuran 10 cm keatas. Sebaiknya supaya tidak ribet belilah bibit ikan nila ditempat penbudidayaan. 


Pemberian pakan pada ikan nila.  ikan nila termasuk ikan pemakan segalanya. Sama seperti ikan gurame tapi lebih cenderung ke herbivora karena lebih banyak mengkonsumsi hikauan berupa lumut dan  dedaunan. Tapi juga suka dengan serangga dan cacing. Pakan ikan nila juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sisa bekas dari sisa makanan didapur. Nah jika ikan sudah berumur 5 bulan maka ikan nila bisa dipanen dan kita olah menjadi menu kesukaan kamu. Kalo saya lebih suka digoreng. Soanya bisa kita makan bebarengan dengan tulangnya yang crispy.Nah pilih ikan nila yang sudah berbobot minimal setengah kg. Untuk memanennya kamu bisa mengunakan jaring.



Jika ingin dijual sebagai pengjasilan tambahan maka ikan nila bisa kita jual dipasar tradisonal dengan menitipkannya ke pengepul ikan 



Atau jika ukurannya bagus dan jumlahnya banyak kalian bisa menawarkan dan berkerja sam dengan restoran supaya menjadi penyuplai dan mendapatkan harga yang lebih tinggi. 

baca juga fakta menarik ikan lele yang jarang di ketahui peternak ikan