Skip to main content

BEBERAPA CARA YANG BISA KITA GUNAKAN UNTUK MENGAWETKAN CABAI TANPA MENGGUNAKAN BAHAN KIMIA

Cara mengawetkan cabe rawit maupun cabai keriting, sama seperti sayuran lainnya tanaman cabe atau buah cabe merupakan sayuran yang sangat mudah sekali untuk busuk dan tergolong sayuran yang mudah terjadi pembusukan jika tidak kita awetkan.

Jika produksi cabe melimpah maka kondisi pasar akan banyak sekali stok Cabe melimpah, biasanya cabai akan mengalami penurunan harga dan sulit sekali untuk dijual, Jika saja tidak segera dijual maka hal ini akan menyebabkan cabai sampai terjadi busuk dan tentu ini akan merugikan kita maka dari itu ada beberapa cara untuk mengawetkan cabe tanpa memerlukan bahan kimia.

Cara yang pertama adalah cabe bisa kita simpan pada tempat yang dingin seperti salah satunya di kulkas, udara dingin akan membuat cabe menjadi awet.

*sumber : tokopedia.com

Kemudian yang kedua adalah cabe bisa kita keringat untuk menghilangkan kadar air dalam cabai yang bisa menyebabkan pembusukan, caranya cukup dengan kita jemur di bawah sinar matahari dan ini akan berakibat cabai lebih awet dan cukup bertahan lama.

Dan yang selanjutnya adalah mengolah cabe menjadi beberapa olahan seperti salah satunya sambal baiknya berupa sambal cabe bubuk kering dengan dibuat dengan mesin yang digiling atau menggunakan cabe untuk kita olah sebagai sambal kemudian kita masukkan ke dalam wadah atau tempat yang kedap udara kemudian kita segel dan kita pasarkan bisa kita titipkan di toko2 oleh2 dan toko makanan yang mengunakan cabai sebagai pelengkap makanan yang memberi rasa pedas. atau bisa kita pasarkan dengan mengunakan media sosial seperti facebook, dan juga kita manfaatkan marketplace tokopedia, shopee, dan buka lapak, jika kesulitan maka bergabunglah dengan komunitas internet marketing disekitar domisili kota anda berada,,

demikian beberapa cara untuk mengawetkan cabe tanpa harus menggunakan pengawet kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya dan salam sukses untuk petani cabai di seluruh indonesia