Skip to main content

BAKTERI PHOTOSINTETIC BERFUNGSI UNTUK MENGHILANGKAN BAU PADA KOLAM LELE

FazairaBlog-Bakteri rodhobacter dan rodhococcus kalau dalam perikanan bisa menurunkan H2S (hydrogen sulfide), bisakah dimanfaatkan pada pertanian/untuk tanaman?
Bakteri ungu/PSB ini, adalah kelompok bakteri yang mendapatkan energinya dengan cara fotosintetic, menyerap cahaya dalam prosesnya, dan tidak menghasilkan oksigen seperti pada kelompok bakteri lainnya yang umumnya membentuk warna air jadi hijau.Seperti kita ketahui bahwa h2s/hidrogen sulfida adalah gas berbahaya yang terjadi akibat penguraian bahan organik, gas ini sangat beracun bahkan bagi manusia dan mahluk hidup lainnya, berbau seperti telur busuk.

*sumber : youtube.com


Bakteri psb inilah yang mengurai h2s dalam prosesnya untuk mendapatkan energi itu dan hasil sampingannya adalah sulfur. 

Pada pertanian tentu saja kelompok bakteri ini akan sangat bermanfaat utk mengurai h2s akibat proses pembusukan materi organik, sehingga tidak membahayakan tanaman
air merah inilah yg kata patiler disebut air dewa.

sulfur/belerang adalah bahan organik yang juga diperlukan oleh tanaman, seperti kebutuhan hara lain seperti unsur N,P,K dan juga unsur2 micro lainnya.


Manfaat sulfur ini adalah:


  1. dapat meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi lain seperti N dan P
  2. sebagai bahan pembentuk bintil akar kacang2an dan sebagai nutrisi pertumbuhan tanaman
  3. wajib ditambahkan ke lahan karena belum tentu dilahan tersebut tersedia, kecuali kita tambah
  4. berfungsi sebagai fungisida, dapat menekan pertumbuhan jamur dalam tanah yang bersifat pathogen seperti embun tepung, bercak hitam, busuk buah dll
  5. berfungsi sebagai pestisida, karena bersifat racun bagi hewan maupun manusia dalam bentuk h2s, makanya bau busuk itu adalah salah satu peringatan akan bahaya dari sulfur tsb
  6. berfungsi sebagai Acarisida, membunuh tungau/kutu.
  7. membunuh parasit, terutama pada kolam budidaya
  8. termasuk salah satu unsur yang diperlukan dalam pembentukan protein, seperti pada telur, bulu, rambut, sisik dll

ada literatur yg menyatakan bahwa jenis rodhobacter tertentu bisa menstimulasi fotosintesa pada daun jika cuaca mendung/kurang sinar matahari. 

Apa memang benar begitu melihat proses fotosintesis yang terjadi pada PSB sebenarnya berbeda dengan yang terjadi pada tanaman. Jadi bentuk stimulasinya bukan karena aktifitas PSB yang bisa berfotosintesis saat kurang sinar matahari tetapi karena hasil fotosintesis itulah yang dimanfaatkan oleh tanaman karena sudah dalam bentuk yang bisa diserap dan tidak berbahaya bagi tanaman.

baca juga management pemberian pakan pada ikan lele