Skip to main content

BAHAN LIMBAH YANG BISA DIPAKAI UNTUK PAKAN TERNAK CACING

FazairaBlog-Bahan limbah yang bisa kita pakai sebagai pakan cacing dan sudah terbukti untuk perkembangbiakan cacing adalah sebagai berikut ini

Yang pertama ampas tahu. Kalo saya tidak menyarankan pakai ampas tahu.. karena ampas tahu kita harus beli.  Jadi saya lebih suka pakai bahan yang gratisan. Lalu kenapa saya tulis disini barang kali ditempat teman2 ada limbah ampas tahu yang dibuang. Nah ini bisa kita manfaatkan untuk pakan ternak cacing. Karena sudah terbukti meningkatkan pertumbuhan cacing.

*sumber : tokopedia.com

Yang kedua kotoran sapi yang masih baru keluar. Ini yang saya sering pakai dikandang cacing saya. Tinggal campur dengan air dan fermentasikan selama 1 hari. Bisa langsung kita gunakan untuk pakan cacing keesokan harinya.

Limbah kotoran kambing.paling bagus jika digilang terlebih dahulu baru kita fermentasikan.

Lalu kotoranan ayam petelur. Ambil yang sudah kering saja. Biasanya ini dibuang oleh peternak ayam. Jadi kita bebas mau ambil. Oh iya jangan lupa difermentasi dulu sebelum diberikan ke cacing. Supaya kadar amoniaknya menurun dan aman bagi cacing.

Sampah sampah organik sisa dapur bisa kita gunakan sebagai pakan cacing.

Lalu limbah yang menutupi danau dan rawa seperti enceng gondok. Bisa juga pakai batang pisang. Untuk kedua bahan ini bisa kita cacah dulu. Lalu kita siram dengan larutan bakteri.

Sampah sayur dan buah busuk dari pasar. Minta saja pada pedagang buah untuk memisahkannya. Atau kalo saya biasanya ambil di pedagang sayur di pasar sayur magetan.

Baglog jamur bekas. Kalo yang ini lebih cenderung untuk media cacing. Tapi tanpa dikasih makan pakai baglog saja cacing masih akan bisa hidup kok cuman pertumbuhannya tidak secepat jika kita kasih pakan dengan bahan organik lainnya.

Kotoran kelinci. Kalo untuk kotoran kelinci boleh di giling boleh langsung di berikan kecacing asal tidak menumpuk di media cacing yang bisa menimbulkan panas pada media.

Mungkin itu saja dulu. Intinya cari bahan pakan cacing yang gratis. Dan itu banyak sekali di lingkungan sekitar kita.

baca juga mana yang lebih menguntungkan antara ternak bebek dan cacing