Skip to main content

WAKTU TERTENTU YANG BAIK UNTUK MENGAWINKAN KELINCI

fazairablog-Mengawinkan  ternak kelinci itu sebaiknya kapan? Pagi atau sore… atau menjelang malam.. yaa.. terserah aje.. tergantung kondisi kandang masing2… semua ada penjabarannya..

Ada yang pernah ngalami bayi kelinci besarnya tidak seragam, beranak 8 yang 6 ekor ukurannya sama tapi yang 2 ekor ukurannya kecil. Atau ada yang mengalami beranak 13 kemudian yang 3 ekor mati dan bayi kelinci masih terbungkus placenta…

 WAKTU TERTENTU YANG BAIK UNTUK MENGAWINKAN KELINCI

MEGAWINKAN KELINCI


Itu semua terjadi karena pembuahan yang berkepanjangan… Jika pembuahannya serempak, anakan kelinci besar kecilnya sama, mendekati rata, walaupun ada perbedaan tapi tidak signifikan, jika terjadi ada bayi kelinci besarnya separuh saudaranya itu berarti jeda pembuahannya sudah melewati satu fase pembelahan sel..

Urutan pembuahan sempurna pada ternak kelinci 


Bir*hi-k*win-rangs*ngan-kelenjar pituitary-kelenjar gonad-hormon gonadropin-folikel pecah-pembuahan sel telur oleh sperm*-h*mil/bunting Nah disini permasalahannya….

Waktu yang dibutuhkan dari r*ngsangan   rentetan panjang  sampai folikelnya pecah dan terjadi pembuahan butuh waktu sekitar 8-10 jam. Dalam tenggang waktu itu kelinci tidak boleh menggalami gangguan, sehingga mengakibatkan stress yang bisa menggangu jalannya hormone tadi. Jadi waktu 8-10 jam setelah rangsangan/ perkwinan harus dikondisikan tanpa gangguan.

Jika rentang waktu ini induk kelinci stress karena banyak ganguan, maka proses pembuahannya akan tergangu. Beranak 12 ekor mati 3ekor. Karena yang 3 ekor ukurannya terlalu kecil, disebabkan jadwal pembuahan yang tidak serempak karena ganguan tadi.

Jadi sebaiknya untuk mengawinkan kelinci itu jam berapa?

 Ya dilihat saja kondisi kandang masing- masing. Kapan kira kira kandang kelinci aman dari ganguan dan bebas kunjungnan, bebas dari orang yang kebanyakan ngobrol dikandang. Kalo malam hari dirasa aman dan bebas dari ganguan ya berarti proses kwinnya sore hari.  Atau kandang kami selau dikunci mas..siang hari kelinci tidur dengan aman tanpa ganguan. Ya berate jadwal k*winya subuh. Laha kalau kandangnya ada ganguan terus bagaimana? Pagi, siang, sore,malem, banyak sekali kunjungan, dan semuanya pengen masuk kandang, ngobrol ngalor, ngidul ketawa, ketiwi didalem kandang…  Ya solusinya bikin 2 rumah kandang. Yang besar untuk kandang utama, yang kecil untuk kandang kunjungan jika ada tamu.
Jadi intinya disini adalah mengkondisikan kandang aman bebas ganguan pada fase rangsangan/ perkwinan ternak kelinci. Jadi terserah bagaimana caranya, karena temen2 yang tahu kondisi kandang masing-masing…

baca juga bahan baku yang bisa di pakai untuk membuat pakan kelinci