Skip to main content

TIPS PASTIKAN BAHWA EMAS ANDA ASLI

FazairaBlog-Beberapa tahun belakangan, emas memang sangat di gandrungi hampir oleh semua orang. Orang berfikir dari pada harus investasikan uang ke bank, yang justru tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerugian karena adanya insflamasi maka tidak sedikit orang yang melarikan uang mereka untuk di investasikan dalam bentuk emas. Bagi mereka dengan metode investasi emas tidak kalah cukup menjanjikan bila di bandingkan dengan investasi property untuk perolehan di hari tua. Karena seperti yang telah kita semua ketahui bahwa harga emas memang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Maka tidak heran apabila banyak orang yang tergila-gila dengan model investasi seperti ini.

Investasi dengan emas lebih cocok di gunakan untuk investasi jangka panjang. 

Jadi apabila uang yang akan di investasikan belum di perlukan dalam waktu dekat, maka sangat cocok dan sangat di sarankan untuk berinvestasi dengan metode ini. Tapi, jika yang anda harapkan dari investasi adalah berupa hasil dan dalam waktu dekat, investasi ini kurang cocok untuk menjadi pilihan. Ada beberapa cara yang biasa orang lakukan untuk “Nabung Emas” ini. Ada dari sebagian orang menjajakan uang gajinya untuk membeli beberapa jenis perhiasan yang mungkin mereka fikir bisa sekaligus di gunakan pada saat-saat tertentu, dan ada juga sebagian orang yang memilih untuk membeli emas dalam bentuk batangan atau kepingan emas. Sebenarnya mana yang lebih untung?

*sumber : pixabay.com

Berbicara tentang untung dan resiko menabung dengan emas, dari keduanya sebenarnya sama-sama memiliki keuntungan yang sama namun memiliki sedikit perbedaan untuk resiko yang akan di dapatkan. Berbicara tentang keuntungan, pasti yang namanya investasi emas akan untung karena harga emas setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan secara terus menerus, namun untuk resiko apabila seseorang menginvestasikan emas dalam bentuk perhiasan adalah resiko kerusakan (patah/kotor) yang malah akan mempengaruhi harga jual emas, resiko memancing kejahatan apabila di gunakan secara berlebihan. Nah sedangkan untuk emas batangan sendiri lebih sedikit resiko yang akan di rasakan, yaitu hanya resiko lebih sering was-was saja hehe.

Dulu untuk segala investasi emas memang hanya tersedia dalam berbentuk perhiasan. Karena dahulu untuk emas batangan tidak di perjual belikan secara umum, hal ini di sebabkan karena memang emas batangan merupakan bahan baku dari emas yang berbentuk sudah di bentuk perhiasan. Bahkan untuk kadar emas nya saja biasanya emas batangan memiliki kadar yang lebih murni daripada emas model perhiasan. Karena untuk emas berupa perhiasan pastilah sudah di campurkan dengan bahan yang lain seperti hal nya timah, tembaga dan lain sebagainya sesuai dengan kadar yang di tentukan. Maka tidak heran apabila belakangan ini emas sangat di gilai dan di buru oleh banyak orang.

Ngomong-ngomong tentang emas, setelah kita mengetahui tentang keuntungan dan resiko berinvestasi emas kita juga perlu mewaspadai dan mengantisipasi adanya oknum yang tidak bertanggung jawab. Seperti hal nya oknum yang melakukan praktik penipuan atau jual beli emas palsu. Maka dari itu, untuk yang berniat atau sudah menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas sangat perlu untuk mempelajari bagaimana cara agar mengetahui perbedaan mana yang emas asli dan mana yang emas palsu untuk menghindari hal-hal yang bisa saja merugikan diri sendiri. Karena pada umumnya secara kasat mata untuk membedakan antara emas palsu atau asli memang sangat lah sulit. Apalagi emas yang sudah dalam bentuk perhiasan, dari segala aspek memang sangat terlihat sama apabila kita tidak jeli dan tidak mengetahui bagaimana cara untuk menguji ke aslian emas yang kita miliki.

Kita akan berbagi Tips bagaimana cara mengenali perbedaan emas asli dan palsu dengan mudah. Ini lah ke 3 cara mudah untuk membedakan emas Ori dan KW sekalipun itu KW Super


1. Cara mudah pertama untuk mengetahui emas palsu dengan asli adalah dengan cara mengamati perbedaan dan perubahan warna. Bila anda ingin mengetahui perhiasan yang anda miliki asli atau palsu, cukup amati perubahan warnanya dengan cara cukup gosok-gosok pada salah satu bagian perhiasan. Kemudian amati dengan seksama, apabila bagian yang sudah mengalami gesekan akibat sengaja di gosok mengalami perubahan warna dari semula bisa di pastikan jika perhiasan itu palsu atau imitasi.

2. Cara yang kedua adalah cukup dengan menggunakan magnet. Namun magnet di sini di perlukan magnet yang memiliki kekuatan daya tarik yang kuat. Jika anda sudah memiliki magnet yang anda yakini memiliki daya tarik yang cukup kuat maka waktu untuk menguji ke aslian emas bisa segera di lakukan. Caranya cukup dekatkan magnet dengan perhiasan, dan apabila perhiasan tersebut tertarik oleh daya magnet berarti sudah bisa di bukti kan bahwa perhiasan tersebut palsu. Kenapa begitu? Karena emas bukan termasuk ke dalam logam magnetik, jadi untuk emas yang asli tidak mungkin tertarik oleh daya magnet sekalipun itu dari jarak dekat. Walaupun begitu kita harus tetap lebih teliti karena saat ini sudah banyak sekali logam lain yang juga mengandung unsur non magnetik yang sehingga bisa saja di peruntukan campuran pembuatan perhiasan.

3. Cara yang ketiga adalah dengan cara menggoreskan perhiasan ke keramik, piring, tembok maupun kertas. Cara nya cukup mudah, goreskan perhiasan ke permukaan media tersebut kemudian amati. Apabila pada permukaan media tersebut terdapat goresan berwarna abu atau hitam yang di sebabkan oleh gesekan perhiasan tadi, sudah bisa di pastikan bahwa perhiasan tersebut palsu. Karena untuk emas yang asli, apabila di gosokan pada media apapun tidak akan meninggalkan bekas apapun apalagi hingga meninggalkan bekas goresan.


Nah itu tadi 3 cara untuk mengetahui perbedaan antara emas yang asli dengan emas imitasi dengan cara yang mudah dan sederhana. 

Jadi saat kita ingin melakukan investasi terutama emas, perlu dan wajib untuk mengetahui minimal 3 hal tersebut untuk membedakan emas tersebut  palsu dan tidak. Jangan sampai niat kita berinvestasi untuk mendapat untung justru malah berujung buntung karena oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan dari faktor kita sendiri yang kurang teliti dan kurang berhati-hati. Dan semoga penjelasan tersebut bisa membatu anda semua serta dapat bermanfaat~

baca juga tips memilih parfum untuk remaja