Skip to main content

TIPS DAN CARA SUKSES DI PETERNAKAN KELINCI PEDAGING


fazairablog-PETERNAKAN KELINCI bukanlah bisnis baru di indonesia, namun kurangnya dukungan yang memadai untuk para peternak kelinci ditambah dengan penyediaan infrastruktur yang buruk tampaknya merupakan ancaman bagi bisnis peternakan hewan yang pernah berkembang dan paling mudah di negara ini.

TIPS DAN CARA SUKSES DI PETERNAKAN KELINCI PEDAGING

peternakan kelinci

Tidak diragukan lagi, orang bisa menghasilkan uang dari peternakan kelinci. Kebutuhan akan daging kelinci yang akan selalu meningkat dari tahu ke tahun, potensi inilah yang akan membuat financial seseorang menjadi lebih baik.

Menurut sejarah, kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang paling awal dipelihara oleh manusia, karena sangat bermanfaat, kelinci seperti bohon kelapa yang mana semua bagian dari tubuh kelinci bisa dimanfaatkan termasuk urine dan kotorannya. peternakan kelinci menawarkan peluang besar bagi pengusaha pertanian, yang ingin terjun ke bisnis ini.

Seekor kelinci mudah dirawat dan juga merupakan pilihan daging dari beberapa warung dan restoran. Dagingnya terasa lebih manis dibanding  daging ayam.

Salah satu manfaat terbesar dari peternakan kelincidibanding hewan lain adalah modal awal yang rendah. Di Indonesia, tidak butuh banyak dana untuk memulai bisnis peternakan kelinci ini dan keuntungannya sangat menarik dan mengiurkan, terutama bila dikelola dan dipelihara dengan tepat. Juga, salah satu kualitas peternakan kelinci adalah tingkat reproduksi, karena kelinci hidup di koloni (satu jantan untuk mengawini antara tiga sampai lima betina), Bayangkan kita akan mempunyai 50 ekor kelinci jika kita mulai memelihara dengan 1 sampai 2 koloni.

Yang terpenting, potensi dan keuntungan pertanian kelinci sangat besar. Kelinci tidak agresif dan membutuhkan penanganan yang sederhana. Nah , berikut  ini adalah beberapa tips yang harus dicatat dalam memulai bisnis.

Mengecek Ketersediaan bahan apa saja yang akan digunakan untuk peternakan kelinci didaerah kita.
Penting bagi siapa saja, yang tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis ini  harus memperoleh bahan-bahan yang diperlukan dengan biaya yang sangat minimum. Materi ini termasuk kandang perkembangbiakan, pakan, konsentrat, dll, karena semua ini dianggap sebagai bahan baku yang dibutuhkan untuk bisnis peternakan kelinci ini.

Memperoleh pengetahuan tentang perawatan kelinci

Hal ini sangat penting untuk menghindari kerugian yang tidak perlu karena penyakit dan tingginya angka kematian. Kenali segala hal yang Anda bisa ketahui tentang kelinci, dari penyakit yang sering menyerang dan penyakit umum mereka sampai masa gestasi, pola makan, dll. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan melakukan pencarian secara online atau mengunjungi blog ini pastinya >>industrikelinci.com

Perencanaan yang tepat untuk usaha peternakan kelinci

Hal ini sangat penting, terutama saat memelihara kelinci pada skala komersial karena setiap detail harus dicatat, termasuk kelebihan biaya dan potensi keuntungan, harus diperhitungkan.

Tentukan tempat untuk pemeliharaan kelinci Anda

Perlu mempertimbangkan  agar saung untuk  kelinci agak luas, sehingga memberi kesempatan bagi anak kelinci  dan kelinci dwasa cukup ruang dan juga sebagai perluasan bisnis. Kelinci bisa dipelihara dalam kandang. Kandangkelinci harus dibangun sedemikian rupa sehingga kelinci akan terlindungi dari curah hujan dan sinar matahari langsung.

Memberi makan kelinci

Kelinci memakan pelet atau rumput, (rumput gajah), ramban, daun. Mereka harus diberi makanan setidaknya dua kali sehari. Air minum bersih harus disediakan bagi mereka 24 jam sehari. Wadah harus dibersihkan secara teratur demi kesehatan kelinci. Dianjurkan untuk mempelajari konsumsi pakan sehari-hari mereka secara tepat untuk menghindari pemborosan.

Produksi kelinci

Kelinci bersifat mudah beranak dan mereka berkembang biak dengan cepat. Mereka mulai berkembang biak dari umur empat sampai umur 9  bulan, tergantung dari jenis2 kelinci. Masa kehamilan untuk kelinci betina (umur) adalah 31 hari dan biasanya melahirkan enam -10 kit (kelinci bayi) sekaligus. Kelinci mampu bereproduksi tujuh kali dalam setahun. Agar reproduksi bisa berlangsung, jantan dan betina harus dikandangkan di satu tempat untuk dikawinkan. Setelah itu, kita harus memisahkannya. Satu kelinci betina mampu menghasilkan hingga 50 anakan dalam setahun.

Faktor dalam keseluruhan pengeluaran kita dibisnis ini.

Memulai dan menjalankan bisnis peternakan kelinci tidaklah semahal yang dipikirkan, tapi masih perlu melakukan segala kemungkinan untuk meminimalkan biaya sedemikian rupa sehingga tidak memengaruhi keuntungan.

Pemasaran kelinci Anda

Mulailah dengan menciptakan kesadaran di antara masyarakat, dimulai dengan keluarga, teman dan rekan kerja, restoran, hotel, resto dll. Ceritakan kepada mereka tentang nilai gizi kelinci, dan juga kepentingan ekonomi.

Namun, disarankan agar  kita  melakukan lebih banyak riset sendiri bahkan sebelum menyiapkan peternakan kelinci. Kita  harus tahu strategi pasar dan tingkat permintaan daging kelinci , karena ini akan membantu kita menghindari kerugian dan penyesalan di kemudian hari.

baca juga penyebab kelinci sehat yang mendadak mati