Skip to main content

PROBLEM SAAT PERKAWINAN KELINCI YANG SERING DI TEMUI DAN SOLUSINYA



fazairablog-Sering kali kita dihadapkan suatu masalah yang sering kali membuat putus asa kita dalam beternak Beberapa pertayaan muncul , kok tidak hamil-hamil ya ? padahal udah di kawinkan. Ada lagi , kok hanya 2 atau 3 anaknya ? Apa bisa ya kita kalau mengawinkan ingin banyak betinanya ? he.......... he........... ini yang seru . Di sini kita mau berbagi pengalaman dari kita untuk teman-teman semua . ini juga saya juga banyak belajar dari teman-teman peternak yang lain dan buku buku referensi.

PROBLEM SAAT PERKAWINAN KELINCI YANG SERING DI TEMUI DAN SOLUSINYA




cara mengawinkan kelinci yang benar adalah dengan membawa indukan betina ke kandang jantan dan jangan sampai terbalik. karena jantan butuh dominasi kandang. dan keagresifan dalam kandang. jika kandang bukan daerah betina maka betina akan bertindak pasif dan nurut sehingga akan mudah terjadi perkawinan pastikan kondisi si betina juga dalam posisi ingin kawin dengan ditandai kel4minnya yang memerah. setelah terjadi perkawinan biasanya jantan akan terkulai lemas dan segera masukkan betina ke kandangnya semula. biasanya pengalaman dikandang saya satu kali kawin sudah cukup menghasilkan anakan 8 sampai 10 ekor. tidak ahrus diulang sampai beberapa kali. 

Cara Mengawinkan

yang penting kelinci betina mengalami rangs4ngan, tentang ini bisa di baca pada artikel sebelumnya. perkawinan kelinci baik dilakukan kapanpun tergantung susanan kandang. jika kandang selalu hening tanpa ganguan maka kapanpun mau mengawinkan kelinci bebas tidak ada batasan waktu. akan tetapi jika kandang kita berisik maka pilihlah waktu tenangnya kemudia  tambah 8-9 jam setelah waktu tenang itu. kenapa demikian.. penjelasannya panjang sekali, kamu bisa membacanya pada artikel artikel sebelumnya, intinya adalah untuk membuat kelinci positif hamil.

Problem Kawin

kelinci yang sering putar2 dalam kandang pejantan dan ketakutan berati indukan belum siap untuk di kawinkan. jadi tunggu 2-3 hari lagi. waktu perkawinan yang paling baik adalah 3 hari setelah kelinci melahirkan karena itu adalah masa subur kelinci. akan tetapi ada syarat yang harus dippenuhi yaitu jumlah asupan kelinci harus tercukupi karena kelinci akan menyusui dalam posisi sedang hamil.