Skip to main content

KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI DALAM ISLAM


FazairaBlog-Cara hidup sehat Rosululloh SAW dalam islam.Kondisi tubuh yang sehat dan kuat pastingaya dinginkan oleh semua manusia. Nah untuk mendapatkannya tentunya kita harus menerapkan pola hidup yang sehat dan kebiasan yang baik. Intinya adalah menjaga kesehatan bagi setiap orang nmerupakan konsep hakikat manusia didalam agama islam.

KESEHATAN JASMANI DAN ROHANI DALAM ISLAM

Tentang kesehatan jasmani dan rohani dalam agama islam sudah dijelaskan dan dicontohkan oleh nabi kita, nabi Muhammad SAW, beliau tidak hanya mencontohkan tentang ibadah spiritual akan tetapi juga tentang menjaga kesehatan, gaya hidup dan kebiasaan hidup juga telah dicontohkan. Inilah yang menjadi salah satu yang menunjukkan bahwa agama islam adalah agama yang membawa banyak manfaat bagi umat manusia.


*sumber:pixabay.com


Dengan menjaga kesehatan maka badan kita akan berasa lebih fit, ketahanan tubuh kita juga akan menjadi baik, dan kita akan semakin sehat ketika menjalani aktifitas, dan sebaliknya jika kualitas kesehatan kita buruk maka akan buruk juga aktifitas kehidupan kita, kita akan menjadi manusia yang kurang produktif, kurang bisa bekarya dan kita akan kesulitan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Nah inilah mengapa kita harus menjaga kesehatan badan kita dengan baik.

Jika kita tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik tentu hal ini sangat amat disayangkan. Padahal tubuh ini haruslah dijaga dan dirawat dan juga dimanfaatkan sebaik mungkin karena kita sudah dititipkan amanah untuk menjaga tubuh ini.

Nah untuk menjaga kesehatan maka berikut cara hidup sehat Nabi yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari2.

Nabi kita selau makan sebelum lapar dan sudah berhenti makan sebelum beliau  kenyang. Apa yang disampaikan nabi yaitu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang jika dilihat dari masalah kesehatan maka makan sebelum lapar akan menghindarkan kita dari masalah sakit lambung contohnya seperti asam lambung dan ketika kita sudah berhenti makan sebelum kenyang maka akan membuat percernaan kita jauh lebih sehat, nah maka dari itu aturlah pola makan sesuai yang diajarkan nabi kita ini.

Kemudian nabi kita selalu makan secukupnya dan beliau tidak suka yang berlebihan. Makan dengan secukupnya berarti kita makan dengan secukupnya sesuai yang dibutuhkan oleh badan kita dan jangan selalu berlebihan, contoh perilaku Rosul ini adalah untuk menganjurkan kita agar selalu manakar makanan yang akan kita makan disesuaikan dengan kebutuhan porsi makan kita agar nantinya tidak terjadi penumpukan didalam lambung dan jika tidak habis dimakan maka ini akan menjadi sesuatu yang mubadzir.

Pada saat sekarang ini, makan tidak lagi sebagai sesuatu untuk memenuhi kebutuhan pokok dan memenuhi rasa lapar akan tetapi makanan sudah menjadi kebutuhan pamer yang menyangkut harga diri serta menjadi suatu kebanggaan, jika kita bisa memakan makan yang berharga atau bernilai mahal. Padahal kalau kita pikir makanan yang diperlukan itu adalah makan yang menyehatkan dan mampu mencukupi gizi bagi tubuh manusia itu sendiri.

Isi perut dengan makanan, udara dan minuman. Perintah ini menunjukkan kepada kita agat kita benar2 dalam menjaga pola makan kita. Perut kita harus diisi dengan makanan, minuman dan udara dalam porsi yang sama atau seimbang. Jika perut kita hanya penuh berisi makanan saja pastinya tidak akan ada ruang udara untuk kita bernafas didalam perut. Hal ini pastinya akan menimbulkan penyakit bagi badan kita.

Kita dilarang untuk memakan makanan yang diharamkan. Ini sudah menjadi ketetapan dari Alloh SWT dan ini tidak dapat dirubah. Kenapa Alloh melarang makanan yang diharamkan alasan yang paling masuk akal adalah karena makan tersebut memiliki sesuatu kandungan didalamnya yang sangat berbahaya dan tidak sehat bagi tubuh manusia, dan jika terus menerus  dikonsumsi maka tubuh akan menjadi semakin rusak.

Sama seperti makanan yang haram, minuman yang diharamkan seperti minuman keras dan memabukkan diharaman karena dapat merusak otak manusia. Dan system tubuh manusia akan terganggu.

Kita juga dianjurkan untuk melaksanakan puasa, selain pusa wajib yaitu puasa romadhon ada lagi puasa2 sunnah, seperti puasa daud, puasa senin dan kamis, puasa muharrom dan lainya, puasa merupakan proses untuk mendetoksifikasi tubuh kita. Racun dalam tubuh kita akan keluar dari dalam tubuh, seperti contohnya timbunan lemak dan zat yang tidak menyehatkan lainnya.

CARA HUDUP SEHAT DALAM ISLAM

Sholat lail pada sepertiga malam. Bisanya ini disebut juga sholat tahajjud, bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat sunnah ini. Bangun di pagi hari untuk sholat akan membuat kita lebih sehat karena bangun ketika masih menjelang pagi udara dan keadaannya merupakan waktu yang terbaik.

Melakukan olahraga sunnah seperti berkuda, memanah dan berenang. Nabi juga mengajarkan kita untuk berolahraga, olah raga yang sangat dianjurkan untuk dilakukan antara lain seperti berenang, dengan berenang semua anggota badan akan bergerak semua. Kemudian olah raga memanah, dan olahraga berkuda. Olahraga sangat membantu tubuh untuk berkeringat dan mengeluarkan zat2 yang tidak dibutuhkan lewat keringat ketika berolahraga.

Usahakan posisi tidur miring kekanan. Nabi kita menyarankan untuk mengambil posisi tidur miring kekanan. Dengan posisi tidur miring kekanan maka kerja jantung dan hati akan lebih lancar. Dan

Jangan mengambil posisi tengkurap ketika kita akan tidur. Untuk menjaga agar gaya hidup kita tetap sehat maka nabi menganjurkan untuk tidak tidur dalam posisi tengkurap. Dikarenakan posisi tidur seperti ini sama dengan posisi tidur para syaitan dan akan membuat pernafasan kita menjadi tidak berlajalan dengan lancar. Dan walaupun kita tertidur tetap saja pernafasan dibutuhkan untuk proses metabolism.

Dalam agama islam sangat diperintahkan untuk selalu menjaga kebersihan jasmani dan kesucian. Mereka yang mengingkari ini atau tidak taat dalam hal ini maka penyesalan akan datang kepadanya. Karena kebersihan ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan kita pada masa mendatang.

Semoga hal-hal diatas dapat kita laksanakan.

baca juga manfaat memadamkan lampu ketika akan tidur