Skip to main content

CARA TEPAT UNTUK MEMEBERSIHKAN KACAMATA

FazairaBlog-Kacamata tidak hanya menjadi sekedar aksesori penambah gaya atau alat bantu penglihatan. Kacamata juga butuh perawatan supaya tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

CARA TEPAT UNTUK MEMEBERSIHKAN KACAMATA


cara mengelap kacamata

Hal-hal mendasar yang sangat perlu diperhatikan dalam menjaga keawetan kacamata adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Kita harus rutin membersihkan kacamata setelah kita pakai, dengan demikian kita akan menghindarkan tumpukan kotoran yang berupa minyak dan keringat yang bisa merusak lapisan metal pada frame dan juga bisa merusak lensa.

Gunakanlah tisu pembersih atau kain microfiber yang biasanya dijual dioptik  untuk kita gunakan saat proses pembersihan lensa. Untuk proses pengelapan lakukan dengan satu arah, Jangan mengelap dengan baju, jilbab, tangan, dan kain yang memepunyai texture kasar karena itu akan  menggores lapisan pada lensa.

 Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah selalu gunakan kedua tangan untuk melepas dan mengenakan kacamata. Melepas dan memakai kacamata dengan menggunakan satu tangan akan menyebebkan bentuk tangkai berubah dan akan memerlukan penyetelan ulang. Dan jangan mencoba melakukan penyetelan atau penyetingan sendiri karena beresiko kacamata bisa rusak.


Kalau sudah tidak dikenakan, sebaiknya kacamata disimpan yang rapi pada tempatnya. Tidak boleh memakai kacamata diatas kepala sebagai bando atau menggantungnya pada kerah baju. Akibatnya akan merubah bentuk kacamata kita.

Gunakanlah kacamata sesuai dengan  fungsi dan kegunaanya. Contohnya tidak boleh memakai kacamata baca untuk berolahraga. Sediakanlah sunglasses dan cadangan frame yang dapat kita sesuaikan dengan aktifitas yang kita jalani.


Sebagai penutup, selalu lindungi kacamata kita dari bahan kimia, misalnya seperti hairspray dan parfume supaya tidak terjadi pengelupasan pada lapisan frame dan perubahan warna frame.

CARA MERAWAT KACAMATA

Apakah kita pernah merasa kacanmata yang baru saja kita beli  muncul goresan-goresan halus pada lensanya, Atau mungkin framennya mengelupas dan terjadi perubahan warna? Hal itu bisa saja terjadi karena disebabkan ada kotoran pada kacamata dan tidak dibersihkan dengan sempurna. Bisa jadi kita membersihkannya kurang tepat sehingga mengakibatkan kacamata kita menjadi sangat cepat rusak.

Idealnya, kacamata yang kita pakai harus kita ganti setiap 2 tahun sekali akan tetapi umumnya orang memilih untuk menggunakan selama mungkin sampai kacamata sudah tidak dapat dipakai. Jika kita merawat kacamata dengan benar, hal tersebut tentu tidak akan menjadi masalah. Dan sebaliknya jika kita tetap memakai kacamata yang sudah terdapat goresan dan tidak nyaman untuk dipakai lagi, Kita akan mengalami resiko pada mata kita yaitu kerusakan mata atau bisa terkena alergi pada kulit sekitar area mata.

Baca tips dibawah ini tentang bagaimana cara membersihkan kacamata secara baik dan membuat kacamata lebih tahan lama untuk dipakai.

1. kita dilarang untuk memebersihkan kacamata saat keadaan kering. Hal tersebut akan meninggalkan goresan pada lensa.

2. pakailah sabun yang tidak mengandung alcohol atau cairan pembersih yang khusus untuk lensa kacamata agar kotoran benar2 bersih.

3. kacamata harus dicuci dengan air dingan dan harus dalam kondisi yang mengalir, tidak boleh memakai air panas dan juga sikat karena bisa merusak lapisan pelindung pada lensa.

4. kemudian, lap dan keringkan memakai kain yang berserat micro yang halus, jangan menekan lensa terlalu keras.
5. ketika tidak digunakan simpan kacamata ditempatnya, agar terhindar dari debu

baca juga tips memilih bingkai kacamata yang pas dengan wajah