Skip to main content

CARA MENCANGKOK POHON JAMBU AIR MADU DELLI

fazairablog-jambu air madu delli merupakan salah satu tanaman buah yang buahnya tidak memiliki biji. Jadi untuk pengembangbiakan secara generatif tidak bisa dilakukan..maka untuk memperbanyaknya pohon jambu air ini bisa dilakukan dengan pola vegetatif dengan cangkok atau stek.

CARA MENCANGKOK POHON JAMBU AIR MADU DELLI 

Nah cara mencangkoknya adalah pilih batang yang siap untuk dicangkok pilih batang yang keras dari indukan yang berumur diatas 7 bulan. Dari indukan yang lebih tua maka akan lebih bagus.
Pilih batang yang warnanya kecoklatan. Sebenarnya semua batang pOhon jambu ini bisa dicangkok dari yang tua sampai batang yang muda jika di cangkok akan mengeluarkan akar. Tapi ya itu tadi jika kita pilihnya batang yang masih muda maka proses pembungaanya akan lebih lama.

GAMBAR CARA MENCANGKOK POHON JAMBU AIR MADU DELLI
*sumber : youtube.com

Tapi jika pilih yang batang agak tua maka proses pembuahannya akan lebih cepat. Langkah pencakokanya bisa kita mulai dengan mengerat melingkar kemudian buang kulit dan kerok bagian batangnya agar lilin yang melindungi lapisan dinding batang hilang. Lalu diamkan sampai 3 hari atau satu minggu.. jika sudah maka siapkan cocopiet dan campuran rootmos..coCopiet dan rootmos bisa diperoleh di toko bunga.

Kenapa tidak pakai tanah saja...pakai tanah boleh tapi kalo menurut saya paling enak pakai cocopit sama tambahan rootmos lalu sedikit tambahan kompos yang sudah matang. Ketiga bahan ini lebih lama jika menyimpan air jadi kita tidak perlu sering menyiram media.. pemyiraman dilakukan hanya ketika media kering saja. Saya biasanya hanya menyiram seminggu sekali. Dengan bahan ketiga tadi daya simpan airnya sangat bagus jadi media tidak mudah kering.

Masukkan media kedalam plastik es batu.. gunakan plastik es batu dikarenakan jika memakai palstik yang tipis maka akar akan sering menjebol plastik yang tipis. Jika mengunakan plastik es maka masalah diatas tidak akan terjadi karena ketebalan palstik es yang sulit ditembus..

Masukkan media kedalam plastik es lalu ikat kedua ujungnya.. nah untuk meletakkan dibatang maka belah blastik es yang sudah diisi media lalu bisa langsung kita tempelkan kebatang yang sudah kita sayta tadi. Ikat denga tali rafia agar menempel dengan kuat pada batang jambu madu.

Selama kurang lebih 1,5 bulan maka akar akan keluar. Jika sudah banyak perakarannya maka bisa kita potong dan siapkan ember dengan larutan vit b1 agar cangkokan yang baru turun tidak stress dan daunnya rontok. Rendam selam kurang lebih 24 jam kemudain angkat dan posisikan cangkokan berada diatas. diamkan selama 2 hari.setelah 2 hari maka cangkokan siap dipindah kemedia tanah. Gunakan tanah sama campuran sedikit kompos. Usahakan terlebih dahulu jangan sampai tanaman terkena sinar matahari. Setelah akar cukup kuat maka tanaman bibit jambu hasil cangkokan bisa kita keluarkan untuk mendapatkan sinar matahari.

Jika sudah siap maka bibit bisa kita pindahkan kepot yang lebih besar..
Semoga bermanfaat...