Skip to main content

BERJALAN KAKI DI PAGI HARI AKAN MEMBANTU MENGURANGI STRESS

FazairaBlog-Banyak yang berfikiran bahwa jika pola hidup sehat sangat sulit untuk dilakukan. Banyak sekali factor yang membuat timbulnya pemikiran ini, salah satu diantaranya  yaitu  sedikit memiliki waktu luang dan juga pemahaman yang salah tentang pola hidup sehat.

Seringkali kita tidak bisa lagi memilih makanan yang sehatdan  waktu untuk berolah raga juga terbatas karena memang jadwal kesibukan kerja sehari-hari yang padat, ada juga yang beranggapan kita akan mengeluarkan biaya yang mahal untuk memulai gaya hidup yang sehat
Namun, jika ada keberanian yang kuat serta niat yang kuat maka kita tidak akan kesulitan untuk menjalani pola gaya hidup sehat. Apa buktinya? kita akan secara sederhana untuk memulai menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

BANYAK MANFAAT YANG KITA PEROLEH DARI BERJALAN KAKI


*sumber: pixabay.com

Individu yang sudah memulai pola hidup yang sehat jika dia mampu  selalu berpegang teguh untuk berjalan kaki setiap hari. Dengan berjalan kaki sebanyak 10.000 setiap hari maka banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh kita, maka dari itu aktifitas fisik seperti berjalan kaki  perlu dilakukan, ya walaupun jalan kaki tidak termasuk olah raga.

BERJALAN KAKI DI PAGI HARI AKANMEMBANTU  MENGURANGI STRESS

Harvard Health Publishing merilis sebuah penelitian tentang  berjalan kaki sampai 1 jam selama 1 hari maka akan menurunkan resiko  kegemukan atau obesitas yang dia peroleh dari factor keturunan atau genetic  dan juga kegemukan karena gayahidup yang kurang sehat.
Tubuh akan menjadi lebih aktif jika kita melakukan berjalan kaki 10.000 langkah selama satu hari. Juga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan juga stamina. Juga akan melatih otot-otot sendi pada kaki. Dan selain itu juga akan mengurangi kolesterol, resiko diabetes seta darah tinggi.

Secara kesehatan psikologis jalan kaki pagi akan mambantu kita untuk mengurangi stress. Jalan kaki akan banyak melepaskan hormone endorphin sama seperti aktifitas kardio, hormone ini akan dapat menekan stress, dan juga otak akan pada mode mediatif saat kita berjalan kaki, nah inilah yang akan membuat perasaan hati kita akan menjadi lebih bahagia.

Nah sekarang bagaimana kita bisa secara rutin melakukan jalan 10.000 setiap hari? 

Caranya  kita harus memiliki semangat dan niat yang kuat. Berani lebih sehat dengan menentang kemalasan pada diri sendiri dengan berjalan dengan 10.000 langkah sehari selama 1 bulan.

Ketika dikantor cobalah berjalan kelantai atas menggunakan tangga, ya meskipun ada fasilitas lift atau escalator saat di pusat perbelanjaan, berpikirlah lebih jauh untuk melakukan keberanian untuk lebih sehat.

Dan misalnya kita mengendarai kendaraan pribadi maka pilihlah lahan parkir yang jauh dari kantor, bersemangatlah untuk berjalan dari parkiran kekantor.

Akan tetapi kita juga jangan terlalu memaksakan diri mulailah dengan sedikit demi sedikit, tapi milikilah target, kita bisa mengunakan alat hitung langkah, silahkan download saja di smartphone anda, dan akhirnya kita akan meningkatkan jumlah langkah kaki kita setiap harinya, dan ketika diakhir bulan nanti kita pasti akan terbiasa berjalan setidaknya 10.000 langkah setiap harinya.

Referensi kompas.com

baca juga pola hidup sehat memperpanjang umur kita