AMPUH ATASI JERAWAT BATU HINGGA KE AKAR

AMPUH ATASI JERAWAT BATU HINGGA KE AKAR
AMPUH ATASI JERAWAT BATU HINGGA KE AKAR

Terkadang kita selalu di bikin stres oleh kemunculan di wajah. Meski kita belum bisa membedakan jenis jerawat, ternyata banyak loh jenis-jenis jerawat. Mulai dari sifat jerawat yang paling ringan di tangani hingga jerawat yang paling membandel. Salah satu yang akan kita bahas pada artikel ini adalah jenis jerawat batu. Jerawat satu ini merupakan jenis jerawat paling tidak di sukai oleh semua orang, dan tidak hanya untuk wanita. Jerawat ini lebih di kenal dengan jerawat kronis

Mengapa seperti itu? Karena jenis jerawat ini sulit untuk di atasi bila di bandingkan dengan jenis jerawat lain. Hal yang paling di benci dari munculnya jerawat ini, mulai dari ukuran jerawat yang lebih besar dan keras daripada jerawat pada umumnya, warna jerawat ini pun lebih menunjukan kemerahan dan dipenuhi nanah pada bagian dalam jerawat. Dan perlu kita tahu, bahwa jerawat batu ini tidak hanya muncul pada bagian kulit wajah saja, ada kemungkinan muncul di area lain juga seperti punggung, dada dan pundak. 

Sudah pasti hal seperti ini bisa sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri saat kita harus berinteraksi dengan orang lain bukan? Belum lagi efek dari jerawat batu seperti menimbulkan rasa gatal dan sakit apabila sedikit tersentuh. Hal tersebut termasuk ke dalam ciri-ciri peradangan jerawat, kondisi seperti ini di sebabkan adanya bakteri yang terjebak di bawah lapisan kulit dan adanya sumbatan pada pori-pori hingga bakteri memunculkan warna merah atau pink di area jerawat.


Sebelum kita membahas soal bagaimana cara menangani jerawat batu dengan tepat, kita juga perlu tahu nih apa saja sih sebenarnya faktor-faktor yang bisa saja menyebabkan jerawat batu ini singgah di permukaan kulit wajah kita? Yuk simak selengkapnya

 Faktor pertama yang tidak bisa di pungkiri oleh adanya jerawat jenis ini adalah dari faktor genetik. Biasanya permasalahan faktor genetik ini di dapatkan dari salah satu atau kedua gen orang tua. Mungkin bisa saja orang tua kalian memiliki jenis kulit berminyak dan terlebih dulu sering mengalami permasalahan soal jerawat. Karena pada dasarnya semua jenis jerawat terutama jerawat batu ini lebih sering muncul dan di alami oleh orang yang memiliki kulit wajah cenderung berminyak.

Faktor kedua adalah faktor dari pemakaian kosmetik. Terlalu sering menggunakan kosmetik bisa jadi sebagai salah satu pemicu munculnya jerawat termasuk dengan jerawat batu. Penyebabnya adalah ketika kalian menggunakan kosmetik sepanjang hari namun tidak segera membersihkannya. Karena kandungan yang terdapat di dalam kosmetik bisa membuat kulit tersumbat dan mengalami kesulitan untuk bernafas lega. Selain itu, salah dalam memilih kosmetik pun juga bisa jadi akan memperburuk keadaan kulit kalian apalagi jika kulit kalian masuk ke dalam jenis kulit sensitif.

Faktor ketiga adalah faktor hormonal. Faktor ini adalah faktor yang terbilang paling umum di alami oleh semua orang. Tak hanya wanita, pria pun juga bisa mengalami hal ini. Umumnya adalah ketika usia remaja dan mulai memasuki fase pubertas. Selain itu juga pada saat meningkatnya hormon androgen, estrogen maupun testosteron. Selain itu faktor ini juga bisa di picu karena mengalami stres berat.

 Faktor ke empat adalah terjadinya pertumbuhan sel kulit yang tidak biasa atau abnormal. Fase ini terjadi karena pertumbuhan sel kulit baru yang tidak beregenarasi dengan waktu yang cepat sehingga menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada folikel rambut yang menyebabkan penyumbatan dan mengakibatkan terjebaknya bakteri penyebab jerawat di dalam lapisan kulit.

Faktor terakhir penyebab munculnya jerawat batu adalah faktor hidup yang tidak sehat. Sudahkah kalian menerapkan pola hidup sehat setiap hari? Jika belum, maka jangan salahkan jika mengalami keluhan ini pada kulit. Pasalnya, faktor ini sering kali dianggap remeh dan kadang tidak kalian sadari saat melakukannya. Adapun pemicunya seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan berlemak atau berminyak, kurang mengonsumsi air putih dan kurangnya jam beristirahat. Oiya, makanan pedas, bersantan dan  junk food juga bisa menyebabkan produktifitas sebum lebih banyak dari biasanya yang nantinya akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan menjadi pemicu munculnya jerawat batu loh...


Nah setelah kita semua tahu penyebabnya, selanjutnya kita akan bahas tentang apa saja sih bahan ampuh yang bisa atasi jerawat batu yang super membandel hingga ke akar? Berikut ini 5 bahan alami yang di percaya mampu atasi jerawat batu dengan baik:

1. Lidah Buaya
Cara mengobati jerawat batu yang pertama, kalian cukup menggunakan lidah buaya. Caranya kupas lidah buaya dan ambil bagian gel nya, kemudian haluskan gel lidah buaya lalu ratakan ke seluruh area wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Lakukan cara ini secara rutin 2x dalam seminggu. Selain bisa melembabkan kulit, masker lidah buaya juga akan meninggalkan efek dingin pada wajah dan sebagai cara untuk mengobati jerawat batu secara alami.



2. Masker Madu
Cara selanjutnya bisa menggunakan masker dari madu.  Madu terbukti ampuh mengatasi jerawat batu sebab terdapat kandungan antiseptik yang dapat  membasmi bakteri jerawat. Selain itu, madu juga di percaya sangat efisien dalam menghilangkan bekas luka akibat jerawat. Untuk membuat masker madu cukup gunakan madu murni sebagai masker wajah dan lakukan cara ini rutin hingga 2-3x dalam seminggu.

3. Jeruk nipis
Cara lain dengan bahan jeruk nipis atau lemon sebanyak 1 buah saja. Kemudian belah jeruk nipis atau lemon menjadi 2 bagian. Peras lalu ambil airnya. Oleskan air jeruk tadi ke seluruh bagian wajah dan tunggu hingga mengering. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mengatasi jerawat batu yang membandel.

4. Putih telur
Cara menggunakan putih telur untuk obati jerawat yaitu siapkan telur, ambil bagian putih telurnya saja dan kocok putih telur hingga mengembang. Kemudian kalian bisa oleskan putih telur ke seluruh bagian wajah dan tunggu hingga mengencang. Jika sudah, bilas dengan air hangat. Lakukan juga dengan rutin 2-3x dalam seminggu untuk hasil maksimal.

5. Cuka apel
Cara terakhir atasi jerawat batu ini cukup mudah. Hanya menggunakan cuka apel, pertama cuci wajah terlebih dahulu. Lalu siapkan cuka apel kurang lebih 2 sendok makan, kemudian oleskan cuka apel pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan sekitar 20 - 30 menit hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin juga ya.

Advertisement