Alternatif Liburan ke Bromo dari Yogyakarta

Alternatif Liburan ke Bromo dari Yogyakarta
Alternatif Liburan ke Bromo dari Yogyakarta
fazairablog.com-Siapa sih yang nggak suka travelling? Hampir semua orang pasti menantikan moment travelling ke tempat favorit mereka. Apalagi bagi mereka yang hanya memiliki sedikit waktu luang karena pekerjaan sehari-hari yang sangat menyita waktu. Pasti jika ada waktu luang sekecil apapun akan dimanfaatkan sebagai moment terbaik untuk mengobati rasa penat yang setiap hari di rasakan.

Ditambah jika moment travellingnya bareng orang-orang terdekat seperti keluarga, pacar atau bareng teman pun juga akan  tetap terasa mengasyikan. Mayoritas para pecinta traveling akan lebih tertarik untuk mengunjungi spot wisata alam jika di bandingkan dengan tempat wisata lain seperti wahana bermain atau yang lainnya. Salah satu spot wisata alam menarik yang sering sekali di kunjungi para traveller adalah berupa wisata alam pegunungan. Selain di anggap menenangkan, wisata alam pegunungan juga menawarkan banyak keindahan dari setiap sisi. Wisata alam pegunungan yang paling sering di masukan ke dalam agenda wisata adalah Gunung Bromo.

Gunung Bromo sendiri merupakan salah satu obyek wisata andalan provinsi Jawa Timur yang terletak diantara empat kabupaten, yaitu kabupaten Probolinggo, kabupaten Pasuruan, kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang. Karena keindahan hamparan pegunungan jika dilihat dari lerengnya dan memiliki berbagai spot selfie berlatar belakang view yang menarik dan udara sejuk yang cocok untuk merelaksasikan fikiran. Gunung Bromo ini sendiri merupakan wisata pegunungan yang memiliki ke unikan tersendiri bila di bandingkan dengan pegunungan yang lain.

Hal ini di karenakan untuk mencapai puncak bromo, wisatawan tidak perlu melakukan pendakian seperti hal nya yang harus di lakukan untuk mencapai puncak pegunungan yang lain, sebab untuk mencapai puncak Gunung Bromo wisatawan cukup perlu menaiki sebanyak 250 anak tangga saja. Bromo terbukti menjadi destinasi wisata favorit para traveller dari berbagai tempat karena banyak lokasi wisata lain yang bisa kalian kunjungi ketika berada dikawasan Bromo.

DESTINASI KAWASAN WISATA BROMO

Destinasi pertama yang bisa kalian kunjungi adalah puncak Gunung Bromo itu sendiri. Di sana kalian bisa menikmati exotis nya sunrise dari puncak Bromo, untuk bisa ke sana kalian bisa menyewa jeep yang telah sengaja di sediakan oleh warga sekitar untuk mengantar para wisatawan ke lokasi terbaik untuk menikmati sunrise tersebut. Destinasi kedua, kalian bisa berkunjung ke kawasan kawah Bromo. Kawasan ini juga menawarkan pemandangan yang tak kalah cantik nya dari sisi lain wisata gunung Bromo. Ketiga adalah bukit teletubis, kalian juga bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi berikutnya yang wajib dikunjungi untuk melihat hamparan warna hijau yang menutupi bukit-bukit di sekitar kawasan Bromo.

Dan untuk destinasi terakhir, tidak kalah menariknya di banding dengan ke tiga destinasi sebelumnya. Ya, destinasi keempat ada juga wisata pasir berbisik yang akan menyajikan pemandangan gurun pasir yang luas dan tentunya memberi kesan menarik untuk mengabadikan moment terbaik ketika sampai ditempat ini. Untuk sampai di kawasan gurun pasir, kalian juga bisa menyewa kendaraan Jeep yang sudah di sediakan dari kawasan Gunung Bromo.

Untuk menyewa Jeep kalian bisa paketan ya, jadi tidak setiap destinasi kalian harus sewa lagi. Jadi nanti untuk paketan sewa Jeep kalian sudah bisa menapaki beberapa destinasi yang kalian mau. Mengenai biaya sewa hanya berkisar 500.000-1.000.000 dan bisa muat sampai 7 orang.

Kawasan Gunung Bromo selain di kenal dengan keramahan warganya juga tidak lepas dari prosesi adat istiadat dan tradisi budaya khas daerah tersebut. Seperti jika bertepatan pada waktu-waktu tertentu dikawasan Gunung Bromo sering dilakukan ritual atau upacara Kasodo atau Yadya Kesodo yang dilakukan setiap satu tahun sekali pada bulan desember oleh masyarakat nya sebagai sesembahan untuk permintaan agar mendapat hasil panen yang melimpah, hasil bumi yang subur, dan keberkahan lainnya yang mencerminkan simbol rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melemparkan berbagai bahan kebutuhan pokok, uang hingga hewan peliharaan seperti kambing. Sejarah singkat dari upacara budaya ini adalah adanya legenda Joko Seger dan Roro Anteng. Singkat cerita meski sudah bertahun-tahun menikah mereka belum juga dikaruniai keturunan mereka bertapa di puncak Bromo hingga akhirnya mereka dikaruniai 25 anak yang memiliki syarat bahwa anak terakhir harus dilempar ke kawah Bromo sebagai sesembahan dan mereka menolaknya.

Karena sebab itulah gunung Bromo marah dan mengeluarkan api. Akhirnya untuk menghormati cerita sejarah tersebut setiap tahunnya warga dikawasan Bromo melakukan upacara sesembahan tersebut yang terus dilestarikan hingga saat ini. Tidak heran jika pada moment itu animo wisatawan yang berkunjung ke Bromo lebih banyak dari biasanya entah itu wisatawan lokal maupun asing.

BIAYA TRAVELING KE BROMO BERAPA SIH?


Tapi, buat kalian yang hobby travelling tentu harus tau rincian biaya serta rute perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan. Khusus untuk para sahabat traveller yang akan melakuakan perjalanan traveling dari Jogja menuju kawasan wisata Bromo, kalian perlu ketahui ada dua alternatif sarana transportasi umum yang bisa kalian gunakan untuk bisa sampai ke Bromo. Pertama, kalian bisa menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api. Berhubung Jogja – Probolinggo memiliki jarak yang cukup jauh, perjalanan kereta api dari Jogja – Probolinggo akan memakan waktu hingga 8 jam dengan rincian biaya tiket mulai dari IDR 80.000 untuk kelas ekonomi hingga IDR 230.000 untuk kelas bisnis.

Selanjutnya ketika sudah sampai di Stasiun Probolinggo akan banyak jasa transportasi lain yang bisa kalian pilih untuk menuju Bromo, mulai dari transportasi Taxi hingga Ojek. Namun, tentu kedua transportasi ini ada nilai untung ruginya ya... mulai dari persoalan biaya jalan hingga waktu yang harus di tempuh untuk menuju lokasi Bromo. Dan setelah kalian sampai di kawasan Bromo akan lebih banyak tawaran serta pilihan alternatif yang bisa kalian pilih untuk menuju ke lokasi wisata.

Nah, itu semua merupakan reverensi bagi sahabat traveller khususnya yang berada di kedaerah Yogyakarta dan ingin mencoba berwisata ke kawasan taman nasional tengger Gunung Bromo Jawa Timur. Mulai sekarang siapkan biaya dan rencana terbaik bersama orang-orang terdekat untuk moment liburan kalian. Jangan sampai keliru menentukan budget. Selain bisa bikin bood breaker saat liburan juga bisa membatasi keseruan liburan kalian loh... yuk ketahui budget wisata Yogyakarta-Bromo sejak awal. Oiya, selain seperti yang udah aku jelasin diatas, tentu masih ada banyak lagi pilihan alternatif lain yang akan mengantarkan menuju ke Bromo tergantung situasi dan kondisi sahabat traveller. HAPPY HOLIDAAY YAAY...

baca juga berwisata ke telaga sarangan dengan sepeda motor

Advertisement