Skip to main content

Berita buruk tentang madu dan jerawat

FazairaBlog.-Sebelum antibiotik, madu digunakan selama ribuan tahun untuk membantu menyembuhkan luka. Saat ini masih dianggap sebagai antiseptik yang efektif dalam mencegah pertumbuhan organisme penyebab penyakit. Tetapi apakah madu bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif?

Bagaimana madu mengobati jerawat

Madu adalah antiseptik: Antiseptik mencegah pertumbuhan organisme penyebab penyakit dan bakteri dalam pori-pori kamu. Madu melepaskan hidrogen peroksida tingkat rendah yang membasmi bakteri dikulitmu. Selain itu, konsentrasi gula yang tinggi dan sifat asam merusak kemampuan bakteri untuk bereplikasi. Mengoleskan antiseptik pada jerawat yang sudah berkembang  dapat menghentikan infeksi di pori-pori kamu agar semakin buruk.

gambar Berita buruk tentang madu dan jerawat

Madu juga memiliki kualitas anti-inflamasi yang membantu mencegah pembengkakan dan kemerahan yang  berasal dari jerawat. dan bagi mereka yang memiliki kulit kering, madu adalah pelembab alami, yang menjaga kelembaban di kulit kamu dan dapat mencegah pengelupasan dan kekeringan yang disebabkan oleh perawatan jerawat lainnya.

Bakteri hanyalah bagian dari persamaan jerawat. Jerawat terjadi karena pori-pori kamu tersumbat. Seringkali bakteri menumpuk karena pori-pori kamu tidak mengeringkan minyak yang diproduksi secara alami. Lingkungan kaya minyak di pori-pori dikulitmu menciptakan lingkungan bagi bakteri untuk berkembang dengan baik. Walaupun madu mungkin efektif dalam mengurangi bakteri yang dihadapinya, jika pori-pori kamu tersumbat, tidak ada cara bagi madu untuk masuk dan melakukan tugasnya.


Karena masalah ini masuk ke dalam folikel, benzoil peroksida (BPO) adalah alternatif bebas yang lebih baik untuk mengobati jerawat. BPO lebih efektif untuk masuk ke dalam folikel, di mana ia melepaskan molekul oksigen yang segera membunuh sebagian besar bakteri. BPO dapat lebih kasar dan panas pada kulit kamu, terutama jika kulit kamu mudah kering. Jika ini masalahnya, kamu bisa menggunakan pelembab wajah untuk membantu meringankan pengelupasan kulit.

akan tetapi jika kamu masih ingin mencoba madu untuk jerawat, 

maka bisa dicoba tips berikut ini:
Gunakan madu murni , yang dapat ditemukan di toko makanan dan apotik atau secara online lebih bagus lagi jika berkunjung kepeternakan lebah. Pastikan untuk menghindari produk madu olahan lainnya, yang dapat mengiritasi kulit kamu dan memperburuk jerawat kamu.
Cuci muka kamu terlebih dahulu dengan sabun lembut dan air hangat. Gunakan ujung jari kamu untuk memijat sabun lembut ke kulitmu; jangan gunakan handuk atau gosok (ini menyebabkan iritasi).
Oleskan madu murni ke wajah kamu sebelum kulit kamu mengering. Sementara wajah dan tangan kamu masih basah, pijat lembut madu murni ke dalam kulit dan biarkan selama setidaknya beberapa menit.

PERINGATAN:

jika kulitmu alergi terhadap madu, 

maka jangan gunakan madu untuk maskeran di muka.
Madu mungkin akan memberikan beberapa manfaat kecil untuk jerawatmu, tetapi madu tidak bisa menjadi pengobatan utama untuk jerawat sedang hingga parah. Yang perlu kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kulit, yang akan menulis resep untukmu. semoga bermanfaat..

baca juga fakta unik madu untuk mengobati jerawat