6 BAHAN ALAMI DARI DAPUR RUMAH YANG BISA BANTU MENGHILANGKAN JERAWAT

6 BAHAN ALAMI DARI DAPUR RUMAH YANG BISA BANTU MENGHILANGKAN JERAWAT
6 BAHAN ALAMI DARI DAPUR RUMAH YANG BISA BANTU MENGHILANGKAN JERAWAT
fazairablog-Semua orang mendambakan kulit wajah sehat, bersih, dan halus. Tak ada jerawat dan tak ada masalah kulit wajah yang lain. Secara umum jerawat adalah permasalahan yang sering kali dialami oleh banyak wanita baik pada waktu pra menstruasi, masa kehamilan, dan bahkan saat mengkonsumsi pil KB dan stress. Bagi para wanita yang mendambakan kulit wajah seperti artis Korea, munculnya jerawat menjadi momok yang menakutkan. jerawat bagaikan bencana yang datang secara tiba-tiba, menurunkan mood, mengganggu rasa percaya diri, dan bahkan dinilai dapat menganggu kecantikan. 


GAMBAR  BAHAN ALAMI DARI DAPUR RUMAH YANG BISA BANTU MENGHILANGKAN JERAWAT

Pada dasarnya, jerawat muncul tidak mengenal jenis kelamin. Pria dan wanita semuanya pernah mengalami masalah jerawat. jerawat juga tidak hanya muncul satu kali atau dua kali. jerawat selain di wajah juga muncul di beberapa bagian tubuh seperti leher, dada, dan punggung. Meskipun jerawat tidak termasuk ke dalam kategori penyakit kulit yang membahayakan namun kehadirannya menyisakan bekas luka yang disebabkan dari kebiasaan kita yang memperlakukan jerawat dengan cara dipencet secara sembarangan. 
Tahukah Anda? Ternyata penggunaan bahan-bahan kimia untuk menghilangkan jerawat dapat menimbulkan beberapa bahaya lo, bukan hanya pada kulit dan tingkat kepercayaan diri seseorang saja tapi bisa menyebabkan kantong kering dan menyita banyak waktu. Bagi Anda yang terlalu sering menggunakan banyak bahan-bahan kimia yang ampuh menghilangkan jerawat dengan harga mahal tentu bisa menyebabkan kantong kering karena banyak uang yang harus dikeluarkan. Selain itu gaya hidup dan gengsi dalam hal perawatan kulit melalui pemanfaatan jasa klinik kecantikan yang bertujuan untuk mencegah datangnya jerawat dan menghilangkan jerawat ternyata juga bisa menyita banyak waktu dan uang.



Saat ini penggunaan bahan-bahan alami dari dapur dan sekitar rumah cenderung lebih digandrungi masyarakat luas dari pada penggunaan obat jerawat yang mengandung banyak bahan kimia. Kecenderungan ini disebabkan karena bahan alami lebih mudah ditemui serta terbukti efektif dan aman untuk menyembuhkan jerawat. Selain itu penggunaan bahan alami juga dapat membantu penderitanya untuk mengurangi iritasi dan menghemat waktu juga keuangan bulanan.

Berikut 6 bahan alami penghilang jerawat yang dapat Anda temukan di dapur rumah Anda:

Jahe

Jahe yang sering kita temukan di dapur rumah ternyata punya segudang manfaat. Selain sering kita gunakan sebagai bumbu masakan dan minuman, jahe juga dapat kita gunakan sebagai obat alami penyembuh/penghilang jerawat karena mengandung antibiotik penghilang bakteri penyebab jerawat. Berikut cara/tahapan sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu menghilangkan jerawat melalui rempah dapur yaitu jahe:

a.Temukan jahe di dalam lemari es atau dapur Anda, ambil secukupnya sesuai kebutuhan.
b.Bersihkan dulu jahe nya dengan cara mengupas kulitnya kemudian diparut.
c.Panaskan air lalu campur dengan air dingin sampai airnya hangat.
d.Bersihkan wajah dengan air hangat yang telah disiapkan.
e.Aplikasikan parutan jahe pada bagian wajah yang berjerawat.
f.Tunggu sampai 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Garam

Teman-teman tahu tidak kalau garam yang merupakan bumbu pokok untuk semua masakan ini ternyata juga bermanfaat membantu menghilangkan sel kulit mati penyebab jerawat. Tekstur garam yang kasar dengan butiran-butiran kecil bisa membantu kita untuk menjadikan garam sebagai scrub alami yang murah meriah. Berikut cara mudah yang dapat kita lakukan untuk membuat garam sebagai obat untuk membantu menghilangkan jerawat yang membengkak dan kemerahan:

a.Silahkan ambil seperempat sendok teh garam dari dapur rumah Anda.
b.Siapkan air hangat, perasan jeruk nipis, kapas, dan wadah secukupnya lalu masukkan ke dalam wadah dan campur secara merata.
c.Celupkan kapas ke dalam larutan tersebut kemudian tempel di area wajah yang berjerawat.
d.Tunggu sampai 1 menit kemudian bilas sampai bersih.


Kayu Manis

Kita terbiasa menggunakan kayu manis sebagai bahan alami untuk mengharumkan aneka ragam minuman tradisional seperti bandrek, bajigur, dan bir pletok. Kayu manis selain dijadikan bahan masakan ternyata juga bisa membantu kita untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara membuat masker penghilang jerawat dari kayu manis:

a.Siapkan beberapa tangkai kayu manis kemudian tumbuk sampai halus.
b.Tuangkan madu secukupnya ke dalam kayu manis yang telah dihaluskan.
c.Aduk sampai merata dan diamkan sampai beberapa menit.
d.Bersihkan wajah dengan air hangat.
e.Aplikasikan masker kayu manis pada bagian wajah yang berjerawat.
f.Diamkan sampai 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Kunyit

Rempah yang satu ini ternyata memiliki kandungan antibiotik yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan jerawat. Kunyit biasa diaplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat. Kunyit biasa digunakan dalam bentuk masker. Berikut cara mudah membuat masker kunyit:

a.Ambil kunyit secukupnya sesuai kebutuhan.
b.Kupas kulit lalu bilas kunyit dengan air bersih.
c.Parut kunyit lalu keringkan (diangin-anginkan selama 2 hari).
d.Campurkan parutan kunyit yang sudah kering dengan air susu atau air mawar.
e.Bersihkan kulit wajah dengan air hangat.
f.Oleskan masker kunyit dengan kuas pada bagian kulit wajah yang berjerawat.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki segudang manfaat menarik untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari contohnya bahan masakan, obat herbal, dan membantu menyehatkan kulit wajah. Tahukah Anda kalau bawang putih selain bisa menghilangkan jerawat ternyata juga bisa menghilangkan bekasnya? Ampuh banget kan? Nah berikut cara mudah memanfaatkan jerawat sebagai bahan alami penghilang jerawat pada wajah (khusus untuk kulit wajah yang tidak sensitif):

a.Ambil 1 siung bawang putih.
b.Bersihkan kulitnya kemudian cuci dengan air mengalir.
c.Kemudian potonglah bawang putih menjadi 2 bagian.
d.Bersihkan wajah dengan air hangat.
e.Gosokkan potongan bawang putih pada bagian wajah yang berjerawat 5-10 menit.
f.Bilas wajah dengan air mengalir kemudian keringkan.

Gula Merah

Tahu tidak kalau gula merah ternyata juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat? Berikut petunjuk pemakaian gula merah sebagai bahan alami mengobati kulit wajah yang berjerawat:

a.Ambil gula merah sesuai kebutuhan.
b.Haluskan dan campur dengan air sampai merata.
c.Usahakan sampai teksturnya mirip seperti masker (tidak encer).
d.Bersihkan wajah dengan air hangat.
e.Oleskan pada bagian wajah kemudian diamkan sampai 10 menit.
f.Bilas wajah dengan air mengalir kemudian keringkan.

Itulah 6 bahan alami dari dapur rumah yang murah dan bermanfaat untuk membantu merawat dan menyehatkan kulit wajah yang berjerawat. Semoga artikel ini menjadi solusi bagi reader semua. Terima kasih sudah membaca.

BACA JUGA JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI AGAR TIDAK MENIMBULKAN JERAWAT

Advertisement