Skip to main content

Pentingnya kadar oksigen terlarut sebagai parameter kualitas air kolam yang baik

fazairablog-

Pentingnya kandungan oksigen terlarut sebagai parameter kualitas air kolam yang baik-kadar oksigen terlarut atau yang bahasa Jawanya adalah dissolved oxygen atau D O memang sangat penting dalam manajemen air kolam. Konsentrasi oksigen diukur dalam kadar Oksigen yang ada dan tersedia dalam air kolam.   Apa sih tujuannya kita melakukan pengukuran ini. ternyata untuk mengetahui apa air tersebut mampu menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme lainnya.

Parameter kualitas air


gambar penyebab penurunan kadar oksigen dalam air
*sumber : pixabay.com



penyebab penurunan kadar oksigen dalam air


Yang tidak kalah penting kemampuan mikroorganisme untuk membersihkan air juga tergantung kepada kadar oksigen di dalam air. Nah seperti yang kita ketahui bahwa pohon-pohon yang melakukan fotosintesis fotosintesis di siang hari akan menghasilkan oksigen begitu juga di dalam air kolam ketika siang hari.


kadar oksigen dalam air berkisar

kadar oksigen dalam kolam meningkat karena bantuan fotosintesis mikroorganisme dalam kolam, menjelang sore dan malam kadar oksigen akan menurun dan mencapai titik terendah pada waktu subuh atau menjelang Fajar. Kadar oksigen dalam air kolam diukur dalam satuan ppm 

 5 PPM = ikan dalam kondisi maksimal 
 2 sampai 4 ppm artinya akan mengalami stres
 dibawah 2 ppm maka ikan akan tewas.

Tapi jika tingkat oksigen tinggi juga kurang baik bagi kesehatan ikan-ikan akan meng mengalami kembung.

Ciri kadar rendah yang bagus bisa dilihat dari ciri-ciri ikan lele :


  1. Ikan lele selalu sering ke permukaan untuk ambil oksigen 
  2. Ikan lele mati dengan punggung melengkung dan mulutnya terbuka 

Mengukur kadar oksigen kita bisa menggunakan do meter, jika untuk menambahkan kadar oksigen Biasanya kita bisa menambahkan kolam dengan aerator. Ini sangat cocok untuk budidaya lele dengan padat tebar tinggi.

baca juga pengaruh kualitas air bagi budidaya ikan air kolam tawar