Skip to main content

Pengaruh PH air bagi kesehatan kolam budidaya air tawar

fazairablog-apa sih PH air itu PH air adalah sesuatu yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau tingkat keasaman dan kebasaan yang dipunyai oleh suatu larutan. nah sudah pada tahu pastinya untuk nilai pH netral adalah 7 jadi untuk angka dibawah 7 maka besarnya tersebut asam. Untuk yang tingkatnya di atas 7 maka itu disebut basa, sebagai pengetahuan banyak jamur dan bakteri berkembang dalam kondisi yang asam, untuk jenis ikan yang akan kita bahas kali ini adalah ikan lele ini memiliki toleransi terhadap PH sekitar 6 sampai 9 yang kira-kira mendekati pH netral atau normal akan tetapi ada catatan tersendiri Kalau lele lebih cenderung untuk toleran terhadap basa daripada asam, idealnya adalah 7-8 Netral cenderung ke basa. 

gambar Pengaruh PH air bagi kesehatan kolam budidaya air tawar
*sumber : pixabay.com

banyak sekali faktor yang mempengaruhi PH kolam ikan lele diantaranya adalah sebagai berikut ini yang pertama adanya campuran dari air hujan. secara alami kita ketahui kalau air hujan cenderung asam....tidak percaya coba minum saja deh air hujan pasti ada Asam Asam gitu. PH air hujan di Kisaran angka 5,6....
nah jika air kolam bercampur dengan air hujan dengan intensitas yang tinggi yang sudah dipastikan air kolam akan cenderung dalam kondisi asam dan tentu akan membuat ikan lele jadi gelisah sering ke permukaan mengambil oksigen kadang juga ada sebagian yang menggantung..

nafsu makan lele juga akan otomatis menurun dengan dibarengi menurunnya kadar keasaman air kolam. Yang kedua karena menumpuknya bahan-bahan organik dan non organik yang tidak terurai pada dasar kolam ikan lele, bisa berasal dari sisa makanan atau dari kotoran lele, maka dari itu jangan terlalu over feeding dalam pemberian pakan ke ikan lele.

pemberian ayam mati menimbulkan bau didasar kolam

pemberian pakan alternatif seperti ayam Tiren ikan runcah dan lainnya juga akan menjadi penyebab pembusukan di dasar kolam. ini juga akan menyebabkan air kolam menjadi asam. Nah jika air kolam terdapat banyak Alga maka air kolam akan cenderung basa.


Contoh atau ciri-ciri air kolam yang PH asam

1. air bau ciri utama
2. air berbusa atau berbuih


air terlalu pekat karena banyak bahan organik padat yang terlarut Nah akibat dari PH asam maka akan menyebabkan ikan lele sebagai berikut ini
1. ikan mengandung dan malas bergerak menyebutnya upacara bendera
2. ikan terlihat pucat karena banyak mengeluarkan lendir yang berlebihan
3. ikan banyak mati.


Nah cara paling baik untuk mengecek PH kolam ya pakai PH meter, banyak sekali di toko kimia atau toko online tokopedia, shopee atau Bukalapak. supaya PH air kolam tetap normal di angka 7 sampai 8 maka gunakan daun pepaya, kapur dolomit atau bonggol pisang. yang kedua dasar kolam harus ada central drain untuk membuang sisa kotoran, terus bisa ditambah menggunakan tambahan probiotik pada kolam untuk mengurangi sisa-sisa yang ada di dasar kolam.


Kemudian buang air bawah kolam sebanyak 10 sampai 20% lalu tambah dengan air yang baru.
demikian beberapa tips dari saya semoga artikel ini membantu teman-teman untuk sukses dalam budidaya lele.. jangan lupa share jika informasi ini bermanfaat..