Skip to main content

macam macam ikan laut yang dapat dikonsumsi


FazairaBlog-Ada yang suka dengan makanan seafood, pastinya banyak sekali para pembaca sekalian yang amat suka dengan jenia makannan yang satu ini, berbagaimacam olahan ikan yang sangat mengudang selrea makan kita. Banyak sekali jenis ikan yang bisa kita masak menjadi olahan yang sangat lezat, diantaranya adalah ada berbagai macam ikan sepeti ikan tongkol kemudian ada ikan kembung, ikan baron, Negara kita tercinta Indonesia ini memang sangat kaya sekali dengan yang namanya hasil lautnya makannya nenek moyang kita seorang pelaut bukan seorang petani, yak arena kita sama belanda penjajah didorong untuk bercocok tanam supaya kekayaan lauk kita bisa mereka ambil sepuasnya.. hehehe pikiran saya aja sih kalo yang ini. Kekayaan laut kita tidak hanya dinikmati di dalam negeri saj akan tetapai juga bisa diexport ke banyak Negara dan akan menjadi salah satu komoditas export yang amat sangat menguntungkan.

Nah dari sekian banyak ikan laut yang ada di perairan kita ada beberpa jenis ikan laut yang amat sangat digemari untuk di oleh oleh para masyarakat yang ada di Indonesia:

Yang pertama adalah ikan tuna. Ikan jenis ini banyak sekali di temukan pada pearairan pulau jawa sampai menuju kawasan Indonesia di bagian timur, ikan tu bisa kita kenali dengan bobotnya yang berat dan harga jualnya yang lumayan mahal, ikan ini biasa oleh orang jepang dikonsumsi secara mentah dengan rasa yang sangat lembut dan inilah mengapa orang jepang sangat menyukai ikan tuna ini, biasanya dijadikan campuran olahan sushi. Dan ada juga ikan tuna yang diolah kemudian dikemas dalam kaleng, seperti ikan sarden yang dikalengkan tapi ini ikan tuna dan ini tentu akan menjadi santapan yang penuh akan nutrisi.


Yang selanjutnya adalah ikan tongkol. Nah kalo ikan jenis ini banyak sekali di tangkap oleh nelayan kita di daerah selatan pulau jawa. Ikan tongkol ini juga merupakan ikan yang paling banyak di makan oleh masyarakat kita. Di kita lihat secara sekilas ikan ini malah lebih mirip dengan ikan cangkalang namun ikan tongkool memiliki pperbedaan yang sanagt mencolok pada bagian kulit yang berwatna aputih agak mencolok atau silau atau mengkilap. Banyak cara yang digunakan untuk mengolah ikan tongkol ini yaitu kita bisa memasaknya dengan cara menumis, mengasapnya terlebih dahulu atau dengan di goring saja. Dengan di masak sesederhana saja ikan ini sudah sanagt enak untuk kita santap.


Kemudian ada ikan cangkalang..yaups betul sekali ikan cangkalang yang biasa kita lihat di video2 tu oraang mincing banyak sekali ikan yang masuk di dalam kapal berterbangan se[ertinya enak sekali cara memancingaya sehingga dapat banyak sekali ikannya, nah itulah ikan cangkalang. Ikan ini memiliki daging yang sangat tebal sekali banyak sekali olahan dari daging ikan cangkalang ini, bisa melauli proses pengawetan dengan pengasapan. Dan makanan yang paling ppopuler dimado terbuat dari olahan daging ikan cangkang adalah cangkalang fufu.

Yang selanjutnya adalah ikan kakap

Ikan kakap ini banyak sekali kita jumpai pada terumbu karang yang subur pada semua perairan yang ada di Indonesia. Ikan ini gampang sekali ditemukan, hampir tersebar di seluruh perairan Indonesia, da nada beberapa ikan kakap yang banyak sekali kita temui dipasar adalah ikan kakap kuning , merah dan ikan kakap hitam, yang paling kita sering jumpai di pasar ikan akadalah yang kakap merah. Olahan ikap kakap pedas asam manis banyak seklai kita jumpai di daerah riau, karena memaqng disana daerah yang paling banyak menghasilkan ikan kakap ini. Ada juga gulai ikan kakap yang khas dari padang. Yang suka makan di masakan pada pasti sudah sangat familiar.



Yang terakhir adalahikan tenggiri. Ikan tenggiri ini rasanya sangat enak dan harganya sangat murah meriah sekali, dan inilah yang membuat ikan ini menjadi fovorit di Indonesia. Tubuhnya yang panjang dan juga dengan moncong yang runcing, nah sudah taukan empek2 khas dari Palembang, salah satu bahan utamanya ya dari ikan tengiri ini, selaini empek2 juga ada kerupuk lalu siomay dal lain sebagainya. Kata orang sih pilih ikan dari jenlis daglin ikan tengiri yang betina ;karena jika di olah ikan akan terasa lebih enak dan gurih .

baca juga manfaat lidah buaya untuk kesehatan