Skip to main content

Cara cepat menetralkan ph air kolam yang asam karena air hujan

fazairablog-untuk menetralkan PH asam ke posisi pH yang netral maka kita membutuhkan beberapa bahan diantaranya adalah pupuk kalsium ataupun bahan yang mengandung kalsium.
kemudian cangkang kepiting atau yang lainnya banyak sekali sumber yang mana di dalamnya mengandung kalsium atau kapur yang biasa digunakan dalam kapur pertanian atau dolomit ataupun kalsit sebanyak 150 gram per meter3. Bisa juga kita mendapatkannya berupa tablet kalsium yang dibeli di apotek dengan nama kalsium. Juga bisa dengan menambahkan aksesoris kolam berupa batuan yang terbbuat dari batu kapur.

Cara menetralkan air PH asam



Di toko pertanian juga banyak sekali bubuk kalsium karbonat yang bisa kita gunakan juga untuk menetralkan pH yang asam. ada lagi cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan cangkang telur yang kita peroleh dari telur atau yang telah kita keringkan kemudian kita haluskan Nah itu akan menjadi bubuk kalsium yang bisa kita taburkan di kolam budidaya ikan lele.

ganti air kolam dengan air yang baru

Nah cara yang paling mudah adalah dengan mengganti air kolam keseluruhan atau volumenya  kita ganti dengan air yang baru. Nah ketika air kolam menjadi asam akibat karena kotoran ikan atau metabolisme ikan ataupun dari air hujan dan penyebab lainnya maka kalsium akan bereaksi dengan cara menaikkan PH kembali seperti semula ke posisi ph Netral atau 7.
Cara menetralkan air dengan PH yang basa diperlukan bahan dari organik seperti rumput air atau gambut atau lumut untuk menurunkan PH basa.

dengan bantuan daun ketapang  yang Biasanya sih untuk ikan cupang. Bisa juga kita gunakan untuk menurunkan ph yang basa..
Sekian semogq bermanfaat...