Skip to main content

CARA BUDIDAYA LELE DENGAN KOLAM TERPAL YANG MENGHASILKAN UNTUK PEMULA SEKALIPUN

fazairablog-permasalahan dalam budidaya air kolam lele dengan menggunakan terpal salah satunya adalah kita salah dalam manajemen amonia atau manajemen bau yang dimana dikeluarkan oleh kotoran lele ataupun sisa makanan yang tidak dimakan oleh lele. bagaimana kolam tanah yang mana kotoran dan pakan yang tidak dimakan lele akan terurai sendiri oleh bakteri amonia yang ada di dalam tanah atau bakteri nitrifikasi di dalam tanah jika kita menggunakan kolam terpal maka itu tidak akan terjadi karena bakteri pengurai tidak ada didasar kolam ikan lele.
Nah nah daripada itu maka diperlukan Sebuah teknik Bagaimana caranya kita bisa mengelola sisa pakan atau kotoran dalam kolam terpal yaitu salah satunya dengan memakai bakteri nitrifikasi agar kotoran tersebut bisa terurai seperti pada di kolam tanah.

Caranya adalah dengan mengelola sisa pakan kotoran lele sebagai berikut ini.

Kondisi kolam sebaiknya bentuk dalamnya adalah bundar yang dilengkapi dengan Central drain atau stop kran untuk pembuangan kotoran padat pada dasar kolam dengan cara membuka keran tersebut. Kolam terpal sebaiknya terbuat dari bahan yang lentur seperti terpal atau terpaulin untuk referensi harga kolam berdiameter 3 m dengan tinggi 1 m  harga totalnya sekitar sekitar Rp450.000 Sedangkan untuk untuk terpal bahan terpaulin harganya rp670.000.


Kolam bundar adalah kolam yang dibuat dengan cara dipress terpal atau di lem tapi dijahit rangka kolam yang paling praktis adalah dengan wiremesh atau jenis kawat yang dapat kita beli di toko bahan bangunan.
kolam bundar seharusnya dilengkapi dengan saluran pembuangan dengan menggunakan pipa paralon yang sesuai dengan skema mengerucut didasarnya..


kemudian kolam juga harus dibuatkan Pondasi yang posisinya harus lebih tinggi dari tanah dengan membentuk cekungan hanya harus disambung dengan pipa paralon yang ujungnya dipasang dengan  stop kran. ini berfungsi untuk membuang kotoran ikan jika kotoran ikan sudah menumpuk di dasar kolamsebelum dipasang kolam harus kita Cuci dulu untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia seperti bahan untuk mengelem kolam atau bahan-bahan yang lainnya.


*sumber : youtube.com

sebaiknya kolam bundar kita buatkan naungan di atasnya usahakan matahari masih tetap masuk ke dalam kolam hanya kita kurangi saja intensitas cahaya matahari nya kita bisa buatkan naungan dengan rangka bambu atau atapnya dari plastik uv.


Nah jangan lupa lagi atas kolam harus kita beri jaring karena biasanya lele akan melompat keluar. jaring ini berfungsi juga untuk melindungi hewan-hewan yang ada  yang ada diluar kolam untuk masuk ke dalam kolam Seperti contohnya ular Biawak dan sebagainya.


kolam dengan diameter 3 m dengan tinggi air 1 meter kira-kira akan menampung air sekitar m 7 M3 air.
Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media air untuk kita isi ke dalam kolam dengan air sumur atau air dari irigasi atau terserah dengan sumber yang sesuai dengan lokasi temen-temen. Kemudian kita tambahkan garam sekitar 100 gram per M3 dan diamkan selama sehari lalu besoknya kita tambahkan probiotik untuk kolam lele.


Saya biasanya menggunakan petrofish produksi dari PT Petrokimia gresik harganya mungkin sekarang di atas Rp50.000. kemudian bisa kita pasangi aerator atau jika tidak mempunyai aerator diamkan saja kolam selama 7 hari atau seminggu setelah itu kita baru menebar ikan ke dalam kolam tersebut. seperti biasanya kita harus memilih benih atau bibit yang unggul dengan kualitas yang sehat untuk mengurangi resiko kematian.


Belilah bibit dengan ukuran yang sudah cukup besar bisa ukuran 5 ukuran 6 atau ukuran 7 .Lakukan penyesuaian atau adaptasi bibit lele tersebut ke lingkungan baru yang akan kita sebar ke kolam. jangan lupa masukkan bibit beserta kantong plastik nya. sekitar 30 sampai 1 jam kemudian benih bisa ditebar. 

manajemen pakan

Untuk manajemen pakan berikan saja kan tiga sampai empat kali sehari untuk benih yang 7 sampai ukuran 6 dua kali sehari untuk lele remaja sampai panen. Pemberian pakan sebanyak 80% dari daya kenyang lele  untuk menghindari over feedding dan hanya gunakan 100% pelet. juga harus dibibis dengan probiotik petrofish.. Setelah beberapa hari kita melakukan proses pakan kepada ikan lele maka secara otomatis kotoran akan mengendap di bawah kolam nah untuk membuangnya atau untuk membersihkannya tinggal kita buka saja penutup kran-nya maka kotoran akan keluar dengan sendirinya. Jika air yang keluar sudah tidak mengandung kotoran lagi maka kran bisa kita tutup dan kemudian kita Tambahkan air yang  sesuai dengan sesuai dengan air yang keluar.


Tambahkan air yang sudah kita persiapkan sebelumnya pada kolam budidaya yang lainnya kalau bisa air sudah kita beri probiotik petrofish terlebih dahulu dan kita Diamkan selama 7 hari sama seperti yang proses sebelumnya. 


Setelah ikan lele sudah berusia 1 bulan lakukan proses penyortiran dengan memanfaatkan kolam yang lainnya atau jika kolomnya 1 gunakan  saja bak untuk menampung ikan yang akan kita sortir kemudian kita pisahkan lele yang ukurannya paling besar, campur lele dengan ukuran yang sama. 


menambahkan daun pepaya untuk menjaga daya tahan terhadap serangan bakteri atau serangan mikroorganisme yang lainnya yang dapat mengganggu sistem kekebalan lele. Dengan menggunakan sistem ini maka secara rutin selama satu minggu tidak akan ada yang mengendap di dasar kolam ikan lele karena setiap minggunya sudah dibuang melalui keran yang ada di dasar kolam dan tentunya ini akan membuat kondisi kolam lele kita terhindar dari amonia yang akan membahayakan kehidupan ikan lele. Ini akan lebih efektif jika dasar kolam berbentuk menyudut atau Central drain karena kalau telah semuanya akan berkumpul di tengah dan kemudian ketika keran dibuka ikut keluar. 

Ketika kita menggunakan mikroba atau bakteri  nitrifikasi cara itu udah pada kolam ikan lele kolam menjadi tidak akan bahu sehingga lele dapat tumbuh dengan lebih baik bahan kotoran yang ketika dibuang melalui pipa dapat kita gunakan untuk membuat pupuk organik untuk pupuk tanaman.... Nah semoga bermanfaat... share hari ini juga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.