Skip to main content

MENTIMUN UNTUK MAKANAN KELINCI

bolehkah kita memberi mentimun untuk kelinci ? Ketimun secara alami dingin jika dipegang. Suhu didalam mentimun  biasanya sekitar 20 derajat lebih dingin daripada suhu luar. Mentimun bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diiet sehat bagi manusia karena mentimun 96 persen air. Kulit mentimun yang sangat lembut membantu menjaga air tetap seperti kendi yang menyimpan air. Silika yang ditemukan dalam mentimun sangat penting untuk jaringan kulit yang sehat, seperti tendon, ligamen, tulang rawan, dan tulang. mentimun sering direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun memberikan hidrasi alami, membuat kulit berkilau. Jadi bolehkah kelinci makan mentimun? Ya, tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit.
gambar mentimun untuk makanan kelinci

makanan yang tidak boleh dimakan kelinci

Mentimun dapat menjadi camilan yang sehat  untuk kelinci kita tetapi tidak untuk tingkat porsi yang lebih banyak. Jangan memberinya makan terlalu banyak karena dapat menyebabkan masalah pencernaan yang dapat menyebabkan kotoran berair (diare) dan nafsu makan yang menurun. Mentimun bukanlah makanan padat nutrisi untuk kelinci kita. Tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan hewan peliharaan seperti kelinci, akan tetapi mentimun tetap menyehatkan jika jumlahnya hanya sedikit. timun  memiliki kandungan air yang tinggi. jika terlalu banyak dikonsumsi kelinci maka dapat menyebabkan fases berair jika kita memberikan kelinci kita terlalu banyak.

kelinci makan timun

Karena kelinci adalah herbivora, sistem pencernaan mereka beradaptasi dengan makan rumput. usus mereka dirancang untuk menampung bakteri baik yang memfermentasi hay kering. Ketika kita memberi makan makanan kelinci kita yang difermentasi maka dengan mudah memungkinkan bakteri jahat untuk melebihi bakteri baik artinya bakteri jahat akan lebih dominan didalam usu kelinci. Bakteri jahat dalam sistem pencernaan kelinci kita akan menyebabkan gas, membuat kelinci kita merasa tidak nyaman dan akhirnya kehilangan nafsu makan.

Sistem pencernaan kelinci yang unik membutuhkan serat tinggi dan kandungan protein rendah. Komponen dari diet kelinci yang sehat adalah rumput, jerami, sayuran segar, pelet, dan banyak air. buah juga bisa diberikan tetapi juga harus diberikan dengan porsi yang sedikit saja. Kesehatan dan kesuburan hewan peliharaan kita sangat bergantung pada apa yang kita beri makan kepadanya.


Mungkin camilan terbaik untuk diberikan kepada kelinci kesayangan kita adalah yang segar dan yang akan membantu proses pencernaannya. Dan jangan lupa untuk mencuci makanan segar secara menyeluruh untuk memastikan bahwa kelinci kita aman dari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Meskipun sayuran segar sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi kelinci kita, berhati-hatilah dalam memilih jenis sayuran untuk kelinci kita . Pastikan kita hanya memberi makan kelinci peliharaan kita sayuran yang mengandung vitamin dan mineral penting untuknya. Tidak semua sayuran baik dan aman untuk kelinci kita.

Meskipun kelinci bertahan hidup pada makanan yang terutama terdiri dari rumput, hay, dan sayuran, memberi kelinci pelet bisa bermanfaat juga. jika kita tahu bagaimana cara memilih pelet yang berkualitas, maka pelet tersebut akan dapat memberikan tambahan vitamin dan mineral untuk makanan kelinci peliharaan kita. jadi beraneka ragam buah tidak lagi diperlukan. Juga, ingat bahwa nutrisi kelinci bervariasi menurut umur. Saat membeli pelet, pertimbangkan usia kelinci kita. Pilih makanan yang tidak mengandung energi dan protein tinggi jika kelinci peliharaan kita sudah dewasa.

Kelinci dewasa cenderung menjadi gemuk ketika diberi terlalu banyak pelet. Mereka harus diberi makan hanya dengan makanan berserat tinggi. Jadi baca labelnya dengan hati-hati. Hanya beri dia makanan yang dirancang untuk seusianya. Jika kita memperhatikan bahwa kelinci kita mulai bertambah berat badannya, maka disarankan untuk mengurangi konsumsi peletnya. Sebaiknya, beri pakan dia dengan lebih banyak serat seperti rumput jerami dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Selain rumput dan sayuran, kelinci juga suka dengan makanan manis. Namun, pakan semacam itu akan membahayakan kelinci kita. Meskipun kita dapat memberikannya sebngai camilab sesekali saja, makanan manis tidak seharusnya menjadi pilihan untuk kelinci kita. Sebagai gantinya, beri dia makanan segar seperti buah dan sayuran. Jangan pernah memberinya terlalu banyak pakan dengan buah, karena  dapat mengganggu jadwal makannya. Berikut adalah proporsi yang tepat untuk kelinci: hay(80%), makanan segar (10 - 15%), dan pelet (10%).

Kelinci secara alami akan memakan makanan apa pun yang kita berikan kepada mereka. Naluri mereka mengatakan untuk terus mengunyah karena giginya tumbuh cukup cepat. Itulah mengapa kita harus yakin bahwa kita hanya memberikan yang terbaik untuk kelinci peliharaan kita. Untuk membantu agar kelinci kita tetap aktif dan sehat, selalu berikan dia berbagai makanan sehat.
Oldest Post